6 Cara Mengurangi Konsumsi Makanan Cepat Saji

- Senin, 16 Desember 2019 | 07:00 WIB
[Ilustrasi] Makanan cepat saji. (istimewa)
[Ilustrasi] Makanan cepat saji. (istimewa)

AYOSEMARANG.COM-- Makanan cepat saji (fast food) memang sedang populer di kalangan masyarakat. Semua makanan cepat saji dapat diterima di semua kalangan masyarakat. Dari anak kecil, remaja, dewasa maupun manula dapat menikmati makanan cepat saji yang beredar. 

Semakin berkembangnya zaman, kini kita dapat memesan makanan cepat saji melalui smartphone tanpa harus datang ke restoran atau ke tempat tersebut. Selain itu juga makanan cepat saji banyak yang menawarkan diskon dan harga yang murah untuk produknya. Hal ini yang menyebabkan kebanyakan orang lebih memilih dan mengandalkan makanan cepat saji sebagai makanan sehari-hari.
\n  
\nKita tidak bisa menyangkal sebuah ungkapan yang menyatakan bahwa “Makanan yang tidak sehat itu memang enak“. Tetapi semua yang tidak sehat pasti memiliki dampak yang tertuju pada kesehatan jika kita sering mengonsumsinya. 

Dampak yang terjadi bisa berupa jantung koroner, penyempitan pembuluh darah, obesitas, diabetes, stroke dan tekanan darah tinggi. Efeknya belum terlihat untuk para remaja tetapi saat kita tua nanti dampaknya akan terasa.

Setelah kita mengetahui dampak yang terjadi, tentunya kita ingin mengurangi konsumsi makanan cepat saji bahkan lebih baik menghindarinya agar kita terjauh dari dampaknya. Berikut cara agar kita mengurangi konsumsi makanan cepat saji : 

1. Diawali Dengan Niat

Niat dari dalam diri kita adalah kunci utama dari semuanya. Setiap kegiatan atau tindakan kita pasti diawali dengan niat dan tekad yang sungguh sungguh agar segalanya berjalan lancar dan sesuai dengan apa yang sudah kita rencanakan. Begitu pula dengan masalah mengurangi makanan cepat saji ini. Jika kita mempunyai niat dan tekad yang sungguh sungguh dari diri kita sendiri maka kita pasti bisa mengurangi konsumsi makanan cepat saji yang berlebih bahkan bisa mengindarinya. 

2. Pentingnya Mengetahui Dampak Buruk Yang Akan Terjadi 

Penting bagi kita untuk melihat dan mengetahui dampak-dampak yang akan terjadi atau menimpa kita jika kita mengonsumsi makanan cepat saji. Kita bisa melihatnya di internet ataupun bisa langsung tanyakan pada dokter. Dampak yang terjadi memang belum kita rasakan saat ini tapi dampak ini berlaku untuk jangka panjang jadi kita akan merasakannya saat kita tua nanti. Maka dari itu berpikirlah dua kali untuk mengonsumsi makanan cepat saji tiap hari. Akan lebih baik jika kita mengonsumsi makanan cepat saji satu minggu sekali atau satu minggu dua kali. 

3. Memakan Makanan yang Sehat

Halaman:

Editor: Abdul Arif

Tags

Terkini

Kalkulasi poltik dan Fenomena Ganjar Pranowo

Senin, 27 September 2021 | 16:15 WIB

Covid-19 dan Tantangan Kebangsaan Kita

Minggu, 26 September 2021 | 10:49 WIB

Covid-19 Dan Tantangan Kebangsaan Kita

Minggu, 26 September 2021 | 07:48 WIB

Keniscayaan, Hidup Berdampingan dengan COVID-19

Jumat, 24 September 2021 | 11:32 WIB

Kewaspadaan Di Tengah Kegembiraan

Jumat, 24 September 2021 | 10:58 WIB

Media Pemersatu di Tengah Gempuran Medkom dan Medsos

Selasa, 24 Agustus 2021 | 13:34 WIB

Masa Depan Demokrasi Di Tengah Pandemi COVID 19

Senin, 23 Agustus 2021 | 10:57 WIB

Tanggung Jawab Sosial Pemuda Indonesia

Senin, 23 Agustus 2021 | 10:50 WIB

Konter Naratif Media Sosial dan Bela Negara

Rabu, 18 Agustus 2021 | 11:28 WIB

Peringatan ke 76 Tahun NKRI di Era Pandemi

Minggu, 15 Agustus 2021 | 15:03 WIB
X