Melanjutkan Kehidupan dan Mengikhlaskan yang Lalu

- Jumat, 23 Juli 2021 | 13:30 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

AYOSEMARANG.COM -- Penyesalan adalah teman lama yang kerap datang.  Ia senang merangkul mereka yang masih menyalahkan dirinya atas keadaan yang mungkin berada di luar kuasanya. Penyesalan, barangkali seperti tokoh antagonis yang semata-mata karena ada pelajaran yang ingin disampaikan.

Perihal menyesali banyak hal dimasa lalu, tentunya tiap kita pasti pernah merasakannya. Tidak ada yang bilang bahwa semua itu mudah untuk kita jalani. Namun, kita tetap harus menjalankan sampai akhir hari. Kenangan itu akan selalu menghantui. Jadi, yang harus kita lakukan adalah menerima kenyataan yang ada. Sebelum kembali melanjutkan ada baiknya siapkan stamina yaitu hati yang harus siap menerima masa lalu.

Untuk melanjutkan kehidupan kita perlu mengikhlaskan apa yang sudah terjadi dalam masa lalu kita. Dalam hidup, tentu tidak bisa terus menerus meratapi keadaan dan berharap untuk bisa kembali ke masa lalu. Tak dapat saya dimungkiri, ada beberapa hari ketika rasanya saya ingin mengubah masa lalu. Namun saya tahu, pada kenyataannya hal itu tidak mungkin bisa kita lakukan.

Menurut saya, berandai-andai adalah zona nyaman untuk mereka yang belum bisa menerima kenyataan. Namun, sama seperti manusia pada umumnya, saya pun senang menghitung kenangan-kenangan yang rasanya ingin sekali saya miliki kembali. Tak apa, hal itu manusiawi dirasakan.

Tiap manusia pasti punya satu atau dua kenangan yang ingin mereka kubur dalam-dalam. Kenangan semacam itu mungkin terlalu menyedihkan untuk diingat kembali, dan walau mungkin hidup sudah begitu jauh membawa kita untuk beranjak dari masa lalu, kenangan yang menjelma hantu itu pasti masih sering datang pada waktu-waktu tertentu.

Pada akhirnya, tak ada yang bisa kita lakukan selain menerima kenangan-kenangan yang menyakitkan. Hati ini, mungkin sudah waktunya kita kembali membongkar kotak usang yang menyimpan banyak kenangan dalam hati. Kalau ditanya tentang hal serupa, apa kenangan pahit yang sudah kalian terima kehadirannya?

Penulis: Ika Nurwidyastuti/Mahasiswa Untidar

 

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Media Pemersatu di Tengah Gempuran Medkom dan Medsos

Selasa, 24 Agustus 2021 | 13:34 WIB

Masa Depan Demokrasi Di Tengah Pandemi COVID 19

Senin, 23 Agustus 2021 | 10:57 WIB

Tanggung Jawab Sosial Pemuda Indonesia

Senin, 23 Agustus 2021 | 10:50 WIB

Konter Naratif Media Sosial dan Bela Negara

Rabu, 18 Agustus 2021 | 11:28 WIB

Peringatan ke 76 Tahun NKRI di Era Pandemi

Minggu, 15 Agustus 2021 | 15:03 WIB

Warna Korporat, Sebuah Keniscayaan

Jumat, 6 Agustus 2021 | 11:31 WIB

3 Tulisan Terpopuler Ayo Netizen Edisi Juli 2021

Kamis, 5 Agustus 2021 | 15:48 WIB
X