Mahasiswa UIN Walisongo Melakukan Pendampingan Belajar Online di Dusun Ngumpul Demak

- Senin, 2 Agustus 2021 | 13:37 WIB
Kagiatan pendampingan belajar dilakukan secara online, dengan sasaran anak-anak Dusun Ngumpul, Tegal Arum, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak oleh mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang.(dok)
Kagiatan pendampingan belajar dilakukan secara online, dengan sasaran anak-anak Dusun Ngumpul, Tegal Arum, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak oleh mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang.(dok)

 

Kegiatan pendampingan belajar dilakukan secara online, dengan sasaran anak-anak Dusun Ngumpul, Tegal Arum, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak. Kegiatan ini diselanggarakan anggota kelompok 17 KKN MIT DR XII UIN Walisongo Semarang sejak pemberlakuan PPKM darurat diperpanjang. Antusias anak-anak sangat terlihat terbukti respon yang cepat saat pendampingan belajar dimulai.


Ulfa Malikhatussofiana selaku koordinator devisi pendidikan kelompok 17 mengatakan kegiatan pendampingan belajar ini dilakukan dengan membuat grub. Grub dibuat untuk memudahkan sosialisasi antar anggota grub. 

''Dalam kegiatan pendampingan, kami mempunyai jadwal belajar untuk mereka, hari senin- kamis dari jam 09.00 – 20.00 kami memberi kesempatan kepada mereka untuk menanyakan mata pelajaran apapun yang belum mereka pahami saat pembelajaran daring yang diselenggarakan sekolah,'' jelasnya.

Khusus hari Jumat – Minggu mempunyai jadwal belajar tambahan yaitu Tajwid/ Makhorij, lalu Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Mata pelajaran tambahan ini dipilih karena banyak dari mereka kesulitan dalam memahami pelajaran tersebut. 

''Untuk mata pelajaran tambahan, kami membuat video lalu kami bagikan di ruang Grub, sehingga mereka mudah memahimi. Kegiatan pendampingan belajar ini bertujuan untuk membantu anak-anak dusun Ngumpul yang kesulitan memahami materi yang disampaikan oleh guru mereka saat pembelajaran online,'' tambahnya.

Kegiatan ini mendapat respons yang baik dari para orang tua. ''Maturnuwun mbak, mas, sudah membantu ikut ngajar anak kami. Sekolahnya libur, jadi banyak bermainnya daripada belajarnya, ada ini jadi lebih terarah belajarnya,”  tutur salah satu ibu. 

Miftah Farid selaku koordinator kelompo 17 berharap dengan kegiatan pendampingan ini, dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar, tidak hanya masyarakat online saja.*

Penulis: Izzah Ar Rahmah  anggota kelompok 17 KKN MIT DR 12 UIN Walisongo Semarang. *

Halaman:

Editor: Arie Widiarto

Tags

Terkini

Media Pemersatu di Tengah Gempuran Medkom dan Medsos

Selasa, 24 Agustus 2021 | 13:34 WIB

Masa Depan Demokrasi Di Tengah Pandemi COVID 19

Senin, 23 Agustus 2021 | 10:57 WIB

Tanggung Jawab Sosial Pemuda Indonesia

Senin, 23 Agustus 2021 | 10:50 WIB

Konter Naratif Media Sosial dan Bela Negara

Rabu, 18 Agustus 2021 | 11:28 WIB

Peringatan ke 76 Tahun NKRI di Era Pandemi

Minggu, 15 Agustus 2021 | 15:03 WIB

Warna Korporat, Sebuah Keniscayaan

Jumat, 6 Agustus 2021 | 11:31 WIB

3 Tulisan Terpopuler Ayo Netizen Edisi Juli 2021

Kamis, 5 Agustus 2021 | 15:48 WIB
X