Olahraga Sambil Dengarkan Musik Dapat Tingkatkan Stamina Lebih Baik

- Selasa, 23 Juni 2020 | 14:31 WIB
Ilustrasi olahraga sambil mendengarkan musik (shutterstock)
Ilustrasi olahraga sambil mendengarkan musik (shutterstock)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Olahraga sambil mendengarkan musik ternyata dapat membantu meningkatkan stamina dan membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Secara khusus, dilansir Center4research.org, musik yang memotivasi atau diselaraskan dengan jenis olahraga Anda terbukti memiliki efek fisik dan psikologis.

Studi menunjukkan, musik yang memiliki irama lebih cepat cenderung membantu tingkatkan kinerja atletik ketika seseorang berolahraga pada tingkat rendah hingga sedang.

AYO BACA : Kembali Olahraga di Gym saat New Normal, Persiapkan 6 Hal Ini

Contohnya, penelitian pada 2006 yang meneliti efek musik pada olahraga treadmill menemukan, ketika mendengarkan musik dengan tempo cepat, responden juga ikut meningkatkan kecepatan mereka tanpa menjadi lebih lelah.

Studi-studi yang sudah ada menentukan, tempo musik yang ideal agar dapat meningkatkan kualitas kinerja bergantung pada jenis olahraga yang dilakukan.

Misalnya saja, penelitian 2011 menunjukkan tempo musik terbaik untuk tingkatkan kinerja treadmill adalah antara 123 hingga 131 bpm (denyut per menit).

AYO BACA : Ditabrak Mobil, SPBU Milik Wakil Wali Kota Solo Terbakar

Berdasarkan studi 2010 yang dipimpin oleh psikolog olahraga CI Karageorghis menyatakan musik dapat meningkatkan kinerja atletik dengan dua cara, yaitu dapat menunda kelelahan atau meningkatkan kapasitas kerja.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

LIGA INGGRIS: Newcastle VS Leeds United Imbang 1-1

Sabtu, 18 September 2021 | 06:58 WIB
X