PSSI Tak Ingin Asal-asalan Naturalisasi Pemain

- Jumat, 21 Agustus 2020 | 15:08 WIB
Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri saat memberikan keterangan kepada awak media di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Kamis (20/8/2020). [Suara.com / Adie Prasetyo Nugraha]
Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri saat memberikan keterangan kepada awak media di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Kamis (20/8/2020). [Suara.com / Adie Prasetyo Nugraha]

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM -- PSSI tak ingin asal-asalan menaturalisasi pemain asing. Pernyataan itu menyusul berembusnya kabar naturalisasi 5 pemain muda asal Brasil untuk membela Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri membantah hal itu. Menurutnya, PSSI tidak akan asal-asalan mengubah status kewarganegaraan seseorang. Hal itu belajar dari kasus Ezra Walian.

Isu naturalisasi ini muncul setelah lima pemain asal Brasil tiba di Indonesia. Kelimanya kini tersebar di tiga tim Liga 1 2020, yaitu Persija Jakarta, Arema FC, serta Madura United.

Lima pemain yang dimaksud adalah Thiago Apolina Pereira dan Maike Henrique Irine de Lima yang sudah mengikuti latihan bersama Persija. 

Lalu ada Henrique Bartoli dan Hugo Guilherme yang bahkan sudah dikontrak oleh Arema FC. Dan yang terakhir ada Robert Junior Rodrigues Santos bersama Madura United.

Kelima pemain ini pun disebut sebagai 'titipan PSSI' sebelum nantinya dinaturalisasi untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia U-19.

Pelatih Persija, Sergio Farias, mengatakan bahwa kehadiran dua pemain anyar asal Negeri Samba di timnya merupakan program PSSI. Hal yang sama juga disampaikan oleh Presiden Madura United, Achsanul Qosasih.

AYO BACA : PT LIB Lakukan Drawing Virtual Tentukan Grup Liga 2 2020

Adapun General Manager Arema FC, Ruddy Widodo menyatakan dua pemain Brasil yang bergabung dengan timnya adalah program jangka panjang klub dengan 'target naturalisasi'. Namun, Ruddy tidak menyebut ini bagian dari rencana PSSI.

Halaman:

Editor: Abdul Arif

Tags

Terkini

Barcelona Ingin Datangkan Juergen Klopp ke Camp Nou

Rabu, 27 Oktober 2021 | 20:28 WIB

LIGA 2: Ini Daftar Susunan Pemain PSCS vs Persis Solo

Selasa, 26 Oktober 2021 | 14:35 WIB
X