Mengenal Lebih Dekat Muamar Qadafi, Pelatih Asal Sukoharjo yang Antarkan Kevin Cordon Empat Besar Olimpiade Tokyo 2020

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 16:29 WIB
Pelatih Guatemala, Muamar Qadafi (kanan) saat melatih Kevin Cordon dalam persiapan menuju Olimpiade Tokyo 2020. Saat itu, Muamar Qadafi melatih Kevin Cordon di aula gereja karena GOR tempat berlatih digunakan untuk penanganan Covid-19. (dok Twitter GabbrielGt)
Pelatih Guatemala, Muamar Qadafi (kanan) saat melatih Kevin Cordon dalam persiapan menuju Olimpiade Tokyo 2020. Saat itu, Muamar Qadafi melatih Kevin Cordon di aula gereja karena GOR tempat berlatih digunakan untuk penanganan Covid-19. (dok Twitter GabbrielGt)

SOLO, AYOSEMARANG.COM – Pebulu tangkis putra asal Guatemala, Kevin Cordon menggemparkan arena Olimpiade Tokyo 2020. Kevin Cordon menjadi kuda hitam dalam cabor bulu tangkis yang membuat mata penggemar bulu tangkis seluruh dunia tertuju padanya.

Kevin Cordon lolos ke babak empat besar dan bertemu dengan tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting dalam perebutan medali perunggu. Walaupun gagal, perjuangan Kevin Gordon patut diacungi jempol.

Kevin Cordon merupakan atlet kebanggaan Guatemala yang tak memiliki “benang merah” dalam olahraga bulu tangkis. Jadi wajar jika atlet China, Korea Selatan, Jepang, dan Indonesia pun dibuat kaget dengan jiwa spartannya di lapangan.

Di balik kesuksesannya menembus empat besar Olimpiade Tokyo 2020, ada sosok penting yang melatihnya dari nol. Dia adalah Muamar Qadafi. Dirunut ke belakang, Muamar Qadafi ternyata warga negara Indonesia (WNI) asli dari Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Lokasi rumahnya memang berbatasan langsung dengan Kota Solo.

Bagi sebagian besar pecinta bulu tangkis Tanah Air, tidak mengenal nama Muamar Qadafi. Padahal, Muamar Qadafi menimba ilmu bulu tangkis dari PB Djarum Kudus dan sejak 2009 di Peru, selanjutnya 5 tahun terakhir menjadi staf pelatih Guatemala.

Ditemui di kediamannya di Desa Cemani RT 07 RW 15, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, orang tua Muamar Qadafi,  Suratman (65) dan Nurlaili (62) menceritakan sepak terjang Muamar Qadafi yang sangat getol dengan dunia bulu tangkis.

Muamar Qadafi, sejak kecil memang dikenal sebagai sosok orang yang disiplin dan patuh terhadap orang tua. Selain itu, Muamar Qadafi yang merupakan anak pertama tersebut sejak kecil sarat prestasi di kejuaraan lokal maupun nasional.

"Qadafi sejak Sekolah Dasar kelas 2, tahun 1990-an sudah berlatih bulu tangkis. Waktu itu saya kebetulan menjadi pengelola kantin GOR Setia di Jalan Bhayangkara, Solo," ungkap Suratman mengawali perbincangan yang dikutip dari Suara.com, jaringan Ayosemarang.

Suratman yang setiap hari melihat latihan bulu tangkis anak anak dari Klub Bulu Tangkis Golden Star. Dari situ Suratman berinisiatif menyekolahkan Qadafi.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

X