Produk Kebahasaan Duta Bahasa Jateng Tembus Thailand

- Senin, 11 Oktober 2021 | 10:51 WIB
 Sosialisasi dan uji coba gim Petualangan Sima ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.  (dok)
Sosialisasi dan uji coba gim Petualangan Sima ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. (dok)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM-Produk kebahasaan dan kesastraan berbasis teknologi informasi yang dikembangkan oleh Duta Bahasa Jawa Tengah sukses menembus masyarakat internasional. Produk gim edukatif yang diberi nama "Petualangan Sima" tersebut disosialisasikan dan diujicobakan di Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) Bangkok, Thailand. Sosialisasi dan uji coba gim Petualangan Sima ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Baca Juga: AYO VAKSIN, Daftar Vaksin Kota Semarang Oktober 2021, Cek Jadwal dan Lokasi

Kepala Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) Susianto MSi sangat mendukung kegiatan tersebut karena bermanfaat bagi anak didiknya. Dia setuju bahwa bahasa Indonesia merupakan fondasi dasar yang harus diperhatikan.

“Meskipun SIB berada di luar negeri, kami akan terus memberikan pelajaran bahasa Indonesia. Kami akan berupaya terus mengutamakan bahasa persatuan bagi bangsa Indonesia ini,” katanya, Senin 11 Oktober 2021.

Baca Juga: AWAS, 5 Kebiasaan Ini Dapat Merusak Otakmu

Susanto menyatakan bahwa pihaknya sangat mendukung kegiatan anak-anak muda dalam memartabatkan bahasa Indonesia. “Kita harus bersama-sama dapat mengutamakan bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah, dan tidak lupa menguasai bahasa asing karena saat ini kita tergabung dalam masyarakat internasional," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr Ganjar Harimansyah, yang hadir dalam acara itu sangat berterima kasih kepada SILN Bangkok (SIB) karena mau memberikan kesempatan kepada Duta Bahasa Jawa Tengah untuk menyosialisasikan gim Petualangan Sima. Gim ini merupakan produk krida bahasa untuk dibawa ke ajang Duta Bahasa Nasional 2021.

"Gim Petualangan Sima ini gim edukatif untuk memadankan istilah-istilah asing ke dalam kata bahasa Indonesia. Gim tersebut diharapkan dapat meminimalisasi maraknya penggunaan istilah asing oleh generasi muda," jelas Ganjar.

Petualangan Sima, kata Ganjar, juga menyediakan gim laras bahasa Jawa dengan tujuan lebih mengenalkan bahasa Jawa di kalangan anak muda. Sejumlah produk lain yang dikembangkan oleh Duta Bahasa Jawa Tengah juga dapat diakses dalam fitur gim Petualangan Sima. Produk-produk tersebut, di antaranya, Si Kromo dan Sisaba, serta produk Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, yakni Senarai Padanan Asing Indonesia (SPAI).

Halaman:

Editor: arri widiarto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Unika Gelar Donor Darah Peringati 10 Tahun NUNI

Selasa, 12 Oktober 2021 | 19:20 WIB

UPGRIS Targetkan Penambahan Jurnal Terindeks Scopus

Selasa, 12 Oktober 2021 | 14:05 WIB

Tarian Kebhinekaan Warnai Inagurasi UPGRIS 2021

Kamis, 7 Oktober 2021 | 18:06 WIB
X