Mahasiswa Unika Semarang Mendapat Pembekalan KKN Adaptif Pandemika 2021

- Minggu, 17 Oktober 2021 | 13:04 WIB
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang, Fx Bambang Suranggono menyampaikan paparan. (dok Unika)
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang, Fx Bambang Suranggono menyampaikan paparan. (dok Unika)


GAJAHMUNGKUR, AYOSEMARANG.COM- Tim Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (P3M) Unika Soegijapranata Semarang memberikan pembekalan secara daring kepada para mahasiswa terkait KKN Adaptif Pandemika 2021. Pembekalan ini untuk mendapatkan masukan untuk penyusunan rancangan kegiatan yang akan direalisasikan sesuai dengan kebutuhan daerah yang dituju.

''Mahasiswa diharapkan dapat mengefektifkan waktu dalam merealisasikan program kerja KKN mereka selama 21 hari,'' jelas ketua P3M Rudy Elyadi, Minggu 17 Oktober 2021.

Acara pembekalan tersebut dibuka oleh Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unika Soegijapranata Dr Yustina Trihoni Nalesti Dewi. Ia menegaskan pentingnya peran mahasiswa untuk bersinergi dan memberikan dukungan kepada masyarakat sebagai mitra untuk memperkuat persaudaraan.

Baca Juga: LINK LIVE STREAMING Final Piala Thomas 2020 Indonesia vs China Malam Ini

“Unika Soegijapranata selalu menjalin jejaring dan aliansi dengan para stakeholder, hal tersebut karena Unika Soegijapranata tidak bisa bekerja sendirian. Maka KKN Adaptif Pandemika ini menjadi kesempatan yang membahagiakan bagi Unika untuk bermitra dan memperkuat persaudaraan dengan setiap pihak di Kota Semarang ini,” papar Dr Trihoni yang baru saja dilantik memimpin LPPM Unika menggantikan pejabat sebelumnya yang dipegang oleh Dr Berta Bekti Retnawati.

Dr Trihoni menambahkan, bahwa melalui kegiatan KKN Adaptif Pandemika ini, Unika Soegijapranata juga tidak ingin menjadi menara gading atau tidak mengenal dunia sekitarnya. Justru sebaliknya, kegiatan ini menjadi momentum yang sangat baik untuk hadir di tengah masyarakat sekitar, yang diawali dengan pembekalan selama dua hari ini.

''Seluruh dosen DPL, satgas dan mahasiswa yang terlibat dalam Pandemika ini diharapkan dapat mengusung visi Unika yaitu Humanitate, dan pembekalan selama dua hari ini semoga cukup memberi bekal agar mahasiswa memiliki ketajaman wawasan, pengetahuan dan keterampilan yang bisa digunakan mencapai hasil yang maksimal,'' ujarnya.

Baca Juga: BIKIN MELONGO Nyicil Beli Pulsa Lima Ribu, Saat Dicek Angsuran Perbulannya Segini

Sedangkan Ketua P3M Unika Rudi Elyadi menginformasikan sebanyak 380 mahasiswa yang akan diterjunkan dalam KKN Adaptif Pandemika Unika, tersebar di 11 wilayah di Kota Semarang.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang, Fx Bambang Suranggono dalam paparannya menyampaikan kebijakan pengembangan UMKM di Kota Semarang.

“Tentang pembinaan dan pemberdayaan UMKM di Kota Semarang telah diterbitkan SK Walikota no 518/1255 yaitu adanya pembentukan forum Gerakan Masyarakat Terintegrasi Koperasi dan Usaha Mikro (Gerai Kopi & Mi) di Kota Semarang,” ucap Fx Bambang Suranggono.

Halaman:

Editor: arri widiarto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penelitian dengan Teori Lokal Perlu Dikembangkan

Sabtu, 27 November 2021 | 08:24 WIB

Wonosobo Juara Festival Tunas Bahasa Ibu Jateng

Senin, 22 November 2021 | 18:04 WIB

Monumen Konservasi Pancasila Jadi Landmark Baru Unnes

Selasa, 16 November 2021 | 19:24 WIB

Kesadaran Hukum bagi Generasi Muda di Era Digital

Senin, 15 November 2021 | 15:50 WIB
X