PBI UPGRIS Gelar FGD Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, Ini Isinya

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 13:05 WIB
 focus group discussion pengembangan kurikulum Merdeka Belajar- Kampus Merdeka (MBKM), baru-baru ini secara daring. (IST)
focus group discussion pengembangan kurikulum Merdeka Belajar- Kampus Merdeka (MBKM), baru-baru ini secara daring. (IST)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM -- Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) gelar focus group discussion pengembangan kurikulum Merdeka Belajar- Kampus Merdeka (MBKM), baru-baru ini secara daring.

Peninjauan kurikulum, penyesuaian, revisi disesuaikan dengan ketentuan MBKM yang akan diberlakuakn di semester gasal 2021-2022. Program studi Pendidikan Bahasa Inggris dituntut untuk segera melaksanakan MBKM yang akan menciptakan lulusan siap kerja. Lulusan PBI tidak harus sesuai prodi, tapi justru diarahkan menjadi wirausahawan.

Penerapan MBKM di tingkat perguruan tinggi sudah mulai berjalan karena sudah banyak mahasiswa dari program studi dan perguruan tinggi lain yang akan bergabung (kuliah) di prodi PBI, dan sebaliknya banyak mahasiswa PBI yang kuliah di perguruan tinggi dan atau prodi lain.

Baca Juga: Dosen Prodi Matematika UPGRIS, Dr Nizaruddin Raih Gelar Doktor

Hadir sebagai narasumber Dr Wiyaka MPd Ketua Lembaga Pengembangan Profesi (LPP) UPGRIS.

“MBKM tidak lepas dari kegiatan IKU (Indikator Kinerja Utama). IKU MBKM berlaku sama bagi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Hal ini dirasa memberatkan PTS karena sumber dana untuk melaksanakan MBKM dibebankan kepada lembaga.

Hal ini dirasa berat sebab PTS tidak memiliki sumber dana tambahan ketika para mahasiswa mengambil kuliah di luar PTS. Hal ini berbeda dengan PTN yang mendapat subsidi dari pemerintah. Kondisi ini berat bagi PTS, apalagi PTS kecil. Dosen nya pun dituntut untuk berkegiatan (mengajar, meneliti, mengabdi) di luar kampus homebase, dan ini berdampak bagus bagi IKU,”tutur Wiyaka.

Baca Juga: UMN Al Washliyah Medan Studi Banding ke FPMIPATI UPGRIS

Indikator Kinerja Utama (IKU) adalah rubrik PT ke depan yang mengerucut pada beberapa tuntutan.

Halaman:

Editor: Akbar Hari Mukti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Udinus Mulai Uji Coba PTM Secara Terbatas

Rabu, 1 Desember 2021 | 16:11 WIB

Penelitian dengan Teori Lokal Perlu Dikembangkan

Sabtu, 27 November 2021 | 08:24 WIB

Wonosobo Juara Festival Tunas Bahasa Ibu Jateng

Senin, 22 November 2021 | 18:04 WIB
X