Mahasiswa Asal Daerah Tertinggal Ikuti Afirmasi Pendidikan Tinggi di Unnes

- Selasa, 18 Desember 2018 | 14:57 WIB
Mahasiswa asal  Papua, Papua Barat dan Daerah Terluar, Terdepan, dan Tertinggal (3T) dari berbagai pelosok di Tanah Air foto bersama Dirjen Belmawa Kemenristekdikti Prof Dr Ismunandar dan Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum usai mengikuti matrikulasi di Hotel C3, Ungaran, Selasa (18/12/2018).(Arie Widiarto/Ayosemarang.com)
Mahasiswa asal Papua, Papua Barat dan Daerah Terluar, Terdepan, dan Tertinggal (3T) dari berbagai pelosok di Tanah Air foto bersama Dirjen Belmawa Kemenristekdikti Prof Dr Ismunandar dan Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum usai mengikuti matrikulasi di Hotel C3, Ungaran, Selasa (18/12/2018).(Arie Widiarto/Ayosemarang.com)

UNGARAN, AYOSEMARANG.COM--Sebanyak 32 mahasiswa asal Papua, Papua Barat, dan Daerah Terluar, Terdepan, dan Tertinggal (3T) dari berbagai pelosok di Tanah Air menjadi peserta Afirmasi Pendidikan Tinggi di Universitas Negeri Semarang (Unnes) tahun ini. Sebelum masuk bangku kuliah mereka mengikuti  matrikulasi di Hotel C3, Ungaran, Selasa (18/12/2018).

Dalam kesempatan ini hadir Direktorat Jenderal (Dirjen) Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Prof. Dr Ismunandar.

Menurut dia salah satu tujuan Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi Papua, Papua Barat dan Daerah 3T ini untuk memberikan kesempatan kepada anak Papua dan Daerah 3T lulusan SMA/SMK/sederajat yang berprestasi akademik untuk memperoleh pendidikan tinggi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) unggulan.

"Kami menyiapkan sumber daya manusia anak-anak Papua dan Daerah 3T yang berkualitas untuk berkontribusi dalam pembangunan nasional," jelasnya.

Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi tersebut, lanjut dia, berupa bantuan biaya pendidikan dalam rangka percepatan dan pemerataan di bidang pendidikan tinggi di daerah 3T yang merupakan program khusus sebagai wujud keberpihakan pemerintah bagi provinsi Papua, Papua Barat, dan Daerah 3T.

Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyatakan pihaknya akan melakukan berbagai upaya untuk mempercepat masa studi mahasiswa Afirmasi Papua dan Daerah 3T tanpa mengurangi kualitas keilmuanya.

Disamping itu mereka juga akan dibekali dengan pendidikan karakter berbasis konservasi yang merupakan upaya pendidikan untuk menyemaikan dan mengembangkan nilai-nilai religius, jujur, peduli, toleran, demokratis, santun, cerdas, dan tangguh ke dalam diri mahasiswa.

"Tujuannya agar mereka mampu menjadi agen perubahan yang mencintai NKRI," jelas Rektor.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Jiwa Pemimpin Bisa Diasah melalui Pelatihan

Selasa, 14 September 2021 | 16:06 WIB

Pemilihan Direktur Polines Diharap Lewat Mufakat

Senin, 13 September 2021 | 14:53 WIB

Awali Kegiatan Perkuliahan, Unpand Gelar PKKMB

Senin, 13 September 2021 | 14:16 WIB
X