Berantas DB dengan Akuaponik Lele

- Jumat, 15 Februari 2019 | 21:57 WIB
Mahasiswa KKN UPGRIS 2019 memberikan pemaparan metode pemberantasan nyamuk Aedes Aegypti di kantor Kelurahan Siwalan, Jumat (15/2/2019). (Afri Rismoko/Ayosemarang.com)
Mahasiswa KKN UPGRIS 2019 memberikan pemaparan metode pemberantasan nyamuk Aedes Aegypti di kantor Kelurahan Siwalan, Jumat (15/2/2019). (Afri Rismoko/Ayosemarang.com)

GAYAMSARI, AYOSEMARANG.COM--Mahasiswa KKN UPGRIS 2019 memberikan pemaparan metode pemberantasan nyamuk Aedes Aegypti yang cukup unik di kantor Kelurahan Siwalan, Jumat (15/2/2019). Metode memberantas jentik nyamuk tersebut ialah dengan cara akuaponik ikan lele.

Ketua Panitia Lukianos Guntur kepada perwakilan masyarakat yang mengikuti sosilisasi itu menerangkan, metode tersebut memanfaatkan ember dimana didalamnya diisi dengan ikan lele.

Metode seperti ini bisa dibilang praktis karena disamping bisa memberantas jentik nyamuk juga bisa menjadikan nilai usaha ekonomis pada waktu ikan lele berkembang tumbuh lebih besar.

AYO BACA : KKN UPGRIS Fokus Literasi Digital

“Akuaponik ini juga akan bisa menghasilkan usaha mandiri sekaligus bisa ikut mengurangi wabah DBD di suatu wilayah,” katanya ketika memberikan sosialisasi kepada warga di Puskesmas Pembantu Kelurahan Siwalan, (15/2/2019).

Dia menerangkan cara pembuatannya cukup sederhana. Yakni cukup disediakan satu ember ukuran sedang bisa diisi bibit ikan lele sampai 50 ekor. Jika sudah berusia tiga bulan tanpa harus menguras pun ikan masih bisa bertahan.

“Asalkan tidak lupa juga untuk dikasih makan pelet setiap harinya,”imbuhnya.

AYO BACA : KKN Upgris Gelar Lomba mewarnai TK se Kecamatan Limbangan

Adapun metode pemberantasan nyamuk Aedes Aegypti tersebut disambut  baik oleh para peserta sosialisasi. Salah satunya Sugiyarti. Dirinya menilai merode itu memiliki manfaat ganda. Sedangkan untuk penerapannya tidak begitu sulit.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Baru Sesi Pertama Digelar, Tes SKD Alami Kendala

Sabtu, 18 September 2021 | 21:30 WIB

Kelas Industri Horison Hadir di SMK 6 Semarang

Sabtu, 18 September 2021 | 15:03 WIB

Jiwa Pemimpin Bisa Diasah melalui Pelatihan

Selasa, 14 September 2021 | 16:06 WIB
X