Himpuni Akan Gelar Seminar Nasional di Semarang

- Kamis, 7 Maret 2019 | 21:35 WIB
Galerry UKM Jawa Tengah di Bandara Ahmad Yani. (Arie Widiarto/Ayosemarang.com)
Galerry UKM Jawa Tengah di Bandara Ahmad Yani. (Arie Widiarto/Ayosemarang.com)

SEMARANG TENGAH, AYOSEMARANG.COM--Bertolak dari upaya melihat realitas dan visi terkait kesiapan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Indonesia dalam menghadapi persaingan global, Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia (Himpuni) yang beranggotakan 39 PTN Indonesia, akan menggelar Seminar dan Dialog Nasional bertajuk 'Kesiapan UMKM dan Ekonomi Kerakyatan di Era Revolusi 4.0'.

Menurut Ketua Panitia Dodik Tugasworo, seminar yang menghadirkan keynote speaker Menteri PUPR Basuki Hadimuljono tersebut akan berlangsung di Hotel Po Semarang (Ex Crowne Plaza Hotel) pada Selasa (12/3/2019).

Selaku narasumber kegiatan adalah Wakil Ketua DPD RI Akhmad Muqowam, Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Nurhaida dan ekonom CORE Indonesia Hendri Saparini.

AYO BACA : Hotel Diminta Sediakan Ruang Bagi UMKM

"Melalui seminar ini juga diharapkan ada masukan dari pemangku kepentingan, dan memberikan saran kepada pembuat kebijakan terkait kesiapan Sumber Daya Manusia, khususnya dalam pengembangan ekonomi kerakyatan Indonesia. Selanjutnya tercipta sinergitas demi menghadapi persaingan global," kata Dodik di Semarang, Kamis (7/3/2019).

Dijelaskan ketua DPD Ikatan Keluarga Alumni Undip Jateng itu, dalam forum nanti, Menteri PUPR akan berbagi pengalaman bagaimana membangun infrastruktur khususnya terkait dengan dukungan kepada UMKM dan pengembangan ekonomi kerakyatan.

Selanjutnya Akhmad Muqowam, berbicara soal pembuatan dan pengawasan pelaksanaan legislasi dalam mendorong tumbuhnya UMKM, sedangkan Nurhaida akan menyampaikan upaya-upaya pengaturan dan pengawasan kegiatan perbankan, pasar modal, dan nonbank yang dapat diarahkan untuk mendukung kegiatan UMKM dan Ekonomi Kerakyatan.

AYO BACA : USM Beri Pelatihan UMKM Pasarkan Produk Daring

Pembicara lain, Hendri Saparini bicara tentang kebijakan publik yang berpihak kepada kepentingan publik seperti penciptaan lapangan kerja, pengentasan kemiskinan, dan pengurangan kesenjangan.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Baru Sesi Pertama Digelar, Tes SKD Alami Kendala

Sabtu, 18 September 2021 | 21:30 WIB

Kelas Industri Horison Hadir di SMK 6 Semarang

Sabtu, 18 September 2021 | 15:03 WIB

Jiwa Pemimpin Bisa Diasah melalui Pelatihan

Selasa, 14 September 2021 | 16:06 WIB
X