Dewan Pers Dorong Unnes Kembangkan Penelitian

- Jumat, 22 Maret 2019 | 18:45 WIB
Rektor Unnes Prof Dr Faturahman (kiri) menyerahkan kenang-kenangan kepada Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo di kampus Unnes, Sekaran, Gunungpati, baru-baru ini. (istimewa)
Rektor Unnes Prof Dr Faturahman (kiri) menyerahkan kenang-kenangan kepada Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo di kampus Unnes, Sekaran, Gunungpati, baru-baru ini. (istimewa)

GUNUNGPATI, AYOSEMARANG.COM--Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo mendorong Universitas Negeri Semarang (Unnes) lebih concern pada pengembangan bidang riset. Menurutnya Unnes memiliki potensi yang cukup besar menilik keberadaan kampusnya yang cukup representatif.

“Potensi Unnes luar biasa sebagai universitas riset. Jadi bukan hanya kampus konservasi, potensi risetnya perlu dikembangkan juga," ujar orang nomor satu di jajaran Dewan Pers Indonesia ini.

Stanley, begitu dia lebih akrab disapa, berada di Unnes dalam rangka memberikan Kuliah Umum. Peserta yang dilibatkan dalam kegaitan itu pejabat struktural di lingkungan Unnes, dan mahasiswa program Bidik Misi.

AYO BACA : Unnes Pertahankan Gelar Jurnal Terbanyak Terindek Sinta

"Ini kuliah umum khusus, jadi pesertanya juga terpilih,” papar Rektor Unnes Prof Dr Faturahman saat memberikan sambutan untuk membuka Kuliah Umum tersebut di kampus Unnes, baru-baru ini.

Unnes dan Dewan Pers ke depan akan melakukan MoU terkait pengembangan kegiatan yang berelasi dengan demokrasi dan studi pers. “Ya kami telah bersepakat untuk melakukan kerja sama yang lebih konkret ke depan. Selain tentang demokrasi, studi pers, kegiatan-kegiatan penelitian juga akan dikembangkan," sambung Stanley.

Dewan Pers ke depan dituntut lebih proaktif menyikapi perkembangan zaman. Kerja sama kerja sama yang dijalin lembaga yang dibentuk seuai amanat UU 40 Tahun 1999 ini adalah dalam rangka meneguhkan perannya menjaga marwah Pers Indonesia. "Saat ini di Indonesia tercatat tidak kurang dari 47.000 media, baik cetak, elektronik maupun online. Dari jumlah tersebut 43.000 media online. Artinya media mainstrem tinggal porsi yang kecil," urainya.

AYO BACA : Unnes dan UPSI Jalin Kerjasama

Dihadapkan realitas seperti di atas, tugas Dewan Pers cukup berat. Sebab menilik statistik perusahaan media yang terdata, dan terverifikasi jumlahnya lebih kecil lagi. Untuk itu desiminasi program dan agenda kegiatan Dewan Pers yang melibatkan stakeholder penting perlu terus dilakukan. MoU dengan Unnes salah satu pertimbangan yang mendasari adalah dalam rangka lebih proaktif.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Baru Sesi Pertama Digelar, Tes SKD Alami Kendala

Sabtu, 18 September 2021 | 21:30 WIB

Kelas Industri Horison Hadir di SMK 6 Semarang

Sabtu, 18 September 2021 | 15:03 WIB

Jiwa Pemimpin Bisa Diasah melalui Pelatihan

Selasa, 14 September 2021 | 16:06 WIB
X