FEB Udinus Bekali Mahasiswa Akuntansi dengan Pelatihan Aplikasi ATLAS

- Sabtu, 30 Maret 2019 | 13:32 WIB
Praktisi Kantor Akuntan Publik Sarastanto dan Rekan Agung Prajanto saat menyampaikan paparan pada pelatihan aplikasi ATLAS bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Udinus Semarang, Sabtu (30/3/2019). (Arie Widiarto/Ayosemarang.com)
Praktisi Kantor Akuntan Publik Sarastanto dan Rekan Agung Prajanto saat menyampaikan paparan pada pelatihan aplikasi ATLAS bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Udinus Semarang, Sabtu (30/3/2019). (Arie Widiarto/Ayosemarang.com)

SEMARANG TENGAH, AYOSEMARANG.COM--Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang membekali mahasiswa jurusan akuntansi dengan pelatihan ATLAS (Audit Tool and Linked Archive System). Pelatihan ini dalam rangka menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Ketua pelaksana workshop Imang Dapit Pamungkas SE MSi Akt CA CIBA mengatakan aplikasi tersebut merupakan audit berbasis risiko berdasarkan Standar Profesional Akuntan Publik ini dibangun oleh Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (PPPK) dan Institut Akuntan Publik Indonesia IAPI). Ini diperuntukkan bagi Kantor-Kantor Akuntan Publik (KAP) di Indonesia sebagai acuan dalam memberikan jasa audit.

''Oleh sebab itulah, sebelum mahasiswa lulus dibekali pelatihan ini sehingga kelak ketika sudah terjun ke dunia kerja sudah siap menghadapinya,'' jelasnya di sela-sela kegiatan di Gedung C Udinus Jl Nakula, Semarang, Sabtu (30/3/2019).

Ia menjelaskan aplikasi ini dimaksudkan untuk membantu para praktisi di industri akuntan publik untuk dapat memenuhi standar audit yang berlaku. Aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan proses penyusunan kertas kerja audit di Kantor Akuntan Publik (KAP) di Indonesia. 

''Tujan pelatihan ATLAS ini diharapkan dapat menambah skill mahasiswa untuk menghadapi penugasan auditor sesungguhnya dalam penyusunan kertas Kerja audit, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan,'' papar Imang.

Menurutnya pelatihan ATLAS ini sangat efektif untuk mencetak lulusan memiliki kualifikasi dan kompetensi yang siap terjun di dunia kerja khususnya di Kantor Akuntan Publik. 

Sementara itu, pembicara dalam pelatihan ini, Agung Prajanto yang juga praktisi Kantor Akuntan Publik Sarastanto dan Rekan mengatakan aplikasi ATLAS yang dibangun di atas platform Microsoft Excel sebagai alat bantu bagi kantor-kantor akuntan publik dalam menjalankan prosedur audit. Aplikasi ATLAS ini menjadi adalah langkah yang bagus dan dapat digunakan sebagai panduan bagi KAP-KAP yang ada di Indonesia, terutama yang belum menyelenggarakan kertas kerja dengan baik. 

''Workshop seperti ini baru ada di Udinus. Ini sangat penting karena ke depan semuanya mesti memakai aplikasi ini. Sehingga, ketika lulus mahasiswa sudah paham dan tidak gagap ketika harus berhadapan dengan aplikasi akuntansi terbaru in,'' jelasnya.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Baru Sesi Pertama Digelar, Tes SKD Alami Kendala

Sabtu, 18 September 2021 | 21:30 WIB

Kelas Industri Horison Hadir di SMK 6 Semarang

Sabtu, 18 September 2021 | 15:03 WIB

Jiwa Pemimpin Bisa Diasah melalui Pelatihan

Selasa, 14 September 2021 | 16:06 WIB
X