15 Universitas Gelar Konferensi di Unissula

- Sabtu, 27 April 2019 | 10:23 WIB
Perwakilan dari 15 pergurun tinggi berfoto bersama dan memperlihatkan nota kesepahaman yang telah ditandatangani di sela-sela konferensi di Unissula, Semarang, Sabtu (27/4/2019). (Arie Widiarto/Ayosemarang.com)
Perwakilan dari 15 pergurun tinggi berfoto bersama dan memperlihatkan nota kesepahaman yang telah ditandatangani di sela-sela konferensi di Unissula, Semarang, Sabtu (27/4/2019). (Arie Widiarto/Ayosemarang.com)

GENUK, AYOSEMARANG.COM--Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang menggelar Konferensi Nasional Periode I April 2019 mengenai hasil penelitian dosen dan mahasiswa di kampus Jl Kaligawe, Semarang, Sabtu (27/4/2019). Konferensi nasional bertajuk “Seminar Nasional Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) 1” itu juga didukung oleh 15 universitas swasta sebagai co-host.  

Rektor Unissula Ir Prabowo Setiyawan MT PhD mengatakan  ke depan riset dan publikasi menjadi sesuatu yang sangat strategis bagi institusi perguruan tinggi. Konferensi tersebut diselenggarakan sebagai upaya menyediakan forum teknis dan diskusi penelitian yang berkaitan dengan kemajuan dunia akademik Indonesia. 

''Konferensi ini juga bertujuan mempertemukan para peneliti, akademisi, ilmuwan, mahasiswa, dan praktisi untuk berpartisipasi dan mempresentasikan temuan penelitian terbaru mereka. Ke depan riset dan publikasi bagi institusi perguruan tinggi menjadi sesuatu yang sangat strategis untuk mempertahankan atau meningkatkan akreditasi baik institisui maupun program studi,'' tutur Prabowo.

Ia juga memberikan apresiasi penuh atas terselenggaranya forum ini. Keberhasilan konferensi ini akan memberikan kontribusi besar bagi pengembangan ilmu dan pengetahuan.

Kegiatan itu dibagi menjadi dua kegiatan besar yaitu seminar dan dilanjutkan dengan presentasi call for paper yang diikuti oleh 350 presenter. Selain itu juga dilakukan MOE (Meomrandum of Execution) kepada 15 universitas yang menjadi Co-host dalam kegiatan tersebut diantaranya UII Jogjakarta, Unimus Semarang, Uniska Muhammad Arsyad Al-Banjary Kalimantan, Unikal Pekalongan, Uika Bogor,Unida Gontor, UMJ Jakarta, UPS Tegal, Umrah Riau, UIR Riau, Unigal Ciamis, UPGRIS Semarang, Binus Jakarta, Untag Semarang dan Unswagati Cirebon. 

Kasubdit Penalaran dan Kreativitas Direktorat Kemahasiswaaan Dirjen Dikti Dr Misbah Fikrianto yang hadir pada acara tersebut menyatakan pemerintah terus mendorong mahasiswa memanfaatkan kecanggihan teknologi dewasa ini. Teknologi modern dipastikan membuka banyak peluang dan rupa-rupa keberhasilan.

“Ponsel pintar yang dimiliki mahasiswa jangan sekadar untuk memantau media sosial melainkan juga untuk kepentingan positif. Misalnya untuk menjalankan wirausaha berbasis elektronik dan sebagainya,” ungkap Misbah.

Misbah juga menyebutkan revolusi industri 4.0 harus dimanfaatkan para mahasiswa dengan kreatif untuk memperoleh manfaat positif.

“Mahasiswa yang tidak kreatif akan tertinggal. Tidak ada pilihan di era ini kecuali semakin banyak berinovasi” tambah Misbah.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Jiwa Pemimpin Bisa Diasah melalui Pelatihan

Selasa, 14 September 2021 | 16:06 WIB

Pemilihan Direktur Polines Diharap Lewat Mufakat

Senin, 13 September 2021 | 14:53 WIB

Awali Kegiatan Perkuliahan, Unpand Gelar PKKMB

Senin, 13 September 2021 | 14:16 WIB
X