Mahasiswa Unissula Kenalkan Penggunaan Gelang Getar Salat

- Rabu, 3 Juli 2019 | 16:05 WIB
Siswa disabilitas rungu muslim di SMP Luar Biasa Negeri Semarang berlatih salat menggunakan gelang getar. (istimewa)
Siswa disabilitas rungu muslim di SMP Luar Biasa Negeri Semarang berlatih salat menggunakan gelang getar. (istimewa)

GENUK, AYOSEMARANG.COM--Sejumlah mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang (Unissula) mensosialisasikan penggunaan gelang getar salat (GGS) bagi siswa-siswi disabilitas rungu Muslim kelas 7 dan 8 di SMP Luar Biasa Negeri Semarang. 

Kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak April 2019 oleh Wa Ode Anastasia Septiana, Aisyah Ardani, Muqtafa Amirul Wildan, Cahrudin, dan Ari Setiawan.

GGS sendiri masuk Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Pengabdian Masyarakat yang didanai oleh Kemenristekdikti merupakan program lanjutan dari  karsa cipta berupa pembuatan prototipe gelang getar salat. 

Menurut ketua tim, Aisyah, secara keseluruhan program pembinaan ini menggabungkan konsep fun visual learning dan penggunaan gelang getar salat. 

Fun visual learning merupakan konsep pembelajaran yang menyenangkan dan berfokus pada penggunaan visual, seperti gambar, video, dan games-games menarik. 

Fun visual learning dilaksanakan untuk memudahkan peserta disabilitas rungu dalam menangkap, memahami, dan mempraktikkan materi salat dengan baik dan benar. 

''Kegiatan pembelajaran tersebut kemudian dilengkapi dengan sosialisasi penggunaan GGS untuk memudahkan peserta dalam melaksanakan salat berjamaah. Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan hingga Agustus 2019," jelasnya, Rabu (3/7/2019).
 
Selepas mengikuti kegiatan ini, lanjut dia, peserta diharapkan mampu memahami nilai-nilai salat dan mengamalkannya sehari-hari dengan baik dan benar. 

GGS diciptakan untuk membantu penyandang disabilitas rungu dalam melaksakanan salat berjamaah.

Ide kegiatan ini muncul ketika tim Unissula melakukan uji coba GGS di SMPLB Negeri Semarang. Sebelumnya, siswa-siswi disabilitas rungu  sering mengalami kesulitan dalam melaksanakan salat berjamaah. 

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Terkini

Baru Sesi Pertama Digelar, Tes SKD Alami Kendala

Sabtu, 18 September 2021 | 21:30 WIB

Kelas Industri Horison Hadir di SMK 6 Semarang

Sabtu, 18 September 2021 | 15:03 WIB

Jiwa Pemimpin Bisa Diasah melalui Pelatihan

Selasa, 14 September 2021 | 16:06 WIB

Pemilihan Direktur Polines Diharap Lewat Mufakat

Senin, 13 September 2021 | 14:53 WIB

Awali Kegiatan Perkuliahan, Unpand Gelar PKKMB

Senin, 13 September 2021 | 14:16 WIB
X