Dosen Unnes Latih Warga Budidayakan Anggrek

- Rabu, 3 Juli 2019 | 18:20 WIB
Tim dari Unnes dan warga foto di depan Griya Anggrek Mekar Sari di RW 4 Kelurahan Kalisegoro, Kecamatan Gunungpati. (Arie Widiarto/Ayosemarang.com)
Tim dari Unnes dan warga foto di depan Griya Anggrek Mekar Sari di RW 4 Kelurahan Kalisegoro, Kecamatan Gunungpati. (Arie Widiarto/Ayosemarang.com)

GUNUNGPATI, AYOSEMARANG.COM--Universitas Negeri Semarang (Unnes) melalui tim pengabdian masyarakat Program Kemitraan kepada Masyarakat (PKM) mengadakan pelatihan pemeliharaan anggrek, manajemen keuangan pemasaran dan strategi pemasaran anggrek. Pelatihan  yang didanai Kementerian Ristekdikti ini dilakukan oleh dosen Unnes sebagai anggota pengabdian yakni Dr Anindya, Dr Noor Aini Habibah MSi dan Dr Y Ulung Anggraito serta praktisi anggrek Rumit Widyaningsih.

\"Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota Griya anggrek Mekar Sari dan menjadikan tempat ini sebagai pusat belanja anggrek yang lengkap,\" jelas Dr Anindya salah satu anggota tim, di kampus Unnes, Sekaran, Gunungpati, Rabu (3/7/2019).

AYO BACA : Unnes Buka Seleksi Mandiri dan SBMPTN

Sebelum pelatihan, dilaksanakan launching green house Griya anggrek Mekar Sari kedua yang dikhususkan untuk tempat pembibitan. Selain pelatihan, dilaksanakan juga pembuatan buku saku pemeliharaan anggrek, penambahan koleksi anggrek, dan juga bahan-bahan yang diperlukan untuk pemeliharaan anggrek.

Ia menjelaskan mitra dari kegiatan ini adalah Griya Anggrek Mekar Sari di wilayah RW 4 Kelurahan Kalisegoro, Kecamatan Gunungpati. Griya anggrek Mekar Sari merupakan rumah pemeliharaan anggrek yang didirikan atas kerja sama PT Phapros, Unnes dan Pemkot Semarang.

AYO BACA : Unnes Wisuda Prajurit TNI AD Sekaligus Atlet Nasional

Menurutnya koleksi Griya anggrek Mekar Sari awalnya hanya didominasi oleh anggrek Dendrobium, sekarang bertambah dengan adanya tambahan koleksi anggrek bulan, Vanda dan Catleya. Anggrek dendrobium dan anggrek bulan memiliki  berbagai varian warna yang sangat menarik.

''Anggrek merupakan tanaman berbunga yang penggemarnya cukup banyak. Jumlah varian anggrek yang terus berkembang karena adanya persilangan baru menyebabkan bisnis penjualan anggrek terus berkembang,'' tambahnya.

Namun, lanjut dia, pemeliharaan anggrek memerlukan pengetahuan dan keterampilan khusus untuk mendapatkan pertumbuhan yang maksimal.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Baru Sesi Pertama Digelar, Tes SKD Alami Kendala

Sabtu, 18 September 2021 | 21:30 WIB

Kelas Industri Horison Hadir di SMK 6 Semarang

Sabtu, 18 September 2021 | 15:03 WIB

Jiwa Pemimpin Bisa Diasah melalui Pelatihan

Selasa, 14 September 2021 | 16:06 WIB

Pemilihan Direktur Polines Diharap Lewat Mufakat

Senin, 13 September 2021 | 14:53 WIB

Awali Kegiatan Perkuliahan, Unpand Gelar PKKMB

Senin, 13 September 2021 | 14:16 WIB
X