Poempida Hidayatulloh Dorong Mahasiswa Berinovasi di Era Digital

- Minggu, 15 September 2019 | 20:27 WIB
Kuliah umum bertajuk ‘Peluang dan Tantangan Mahasiswa di Era Digital’ di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Sabtu (14/9/2019). (dok)
Kuliah umum bertajuk ‘Peluang dan Tantangan Mahasiswa di Era Digital’ di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Sabtu (14/9/2019). (dok)

MAKASSAR, AYOSEMARANG.COM-- Dewan Pengawas BPJS Ketenegakerjaan, Dr Poempida Hidayatulloh BEng PhD memberikan kuliah umum bertajuk ‘Peluang dan Tantangan Mahasiswa di Era Digital’ kepada mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Sabtu (14/9/2019).

Ia menyampaikan pandangan perkembangan teknologi semata-mata tidak menghilangkan kesempatan mahasiswa terjun ke dunia kerja. 

Pasalnya, masih banyak potensi lain yang melahirkan peluang baru. Menurut Poempida, mahasiswa harus memiliki inovasi dan solutif terhadap permasalahan ini.

AYO BACA : 2.739 Mahasiswa Ikuti Orientasi Mahasiswa Baru UPGRIS

“Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa harus memiliki inovasi dan solutif atau menciptakan inovasi dan solutif dalam menghadapi era digital,” katanya di hadapan 700-an mahasiswa yang memadati Auditorium Al-Jibran.

Poempida mengatakan, era modern sekarang ini teknologi semakin berkembang pesat. Saat ini di Jepang sendiri telah meluncurkan program Society 5.0. Lalu apa itu Society 5.0?
 
Menurut anggota Komisi IX DPR RI periode 2010-2014 ini, Society 5.0 atau Masyarakat 5.0 adalah konsep teknologi masyarakat yang berpusat pada manusia dan berkolaborasi dengan teknologi (AI dan IoT) untuk menyelesaikan masalah sosial yang terintegrasi pada ruang dunia maya dan nyata.

“Jadi, pada dasarnya Society 5.0 merupakan era baru dalam kehidupan bermasyarakat yang sudah terintegrasi dengan sistem teknologi berupa IoT (Internet Of Things) dan AI (Kecerdasan buatan) yang dapat memroses big data dan menganalisa data tersebut,” terangnya.

AYO BACA : Teliti Kehidupan Permukiman Kumuh, Agung Raih Gelar Doktor

Poempida mencontohkan di bidang pengiriman. Bayangkan, jika anda belanja online di internet, berapa hari anda harus menunggu untuk mendapatkan pesanan online anda? atau apakah kurir bisa sampai dengan cepat rumah anda dengan cepat apabila rumah anda berada jauh dari pusat kota? ataupun rumah anda sulit dijangkau karena berada di pegunungan?

Halaman:

Editor: Abdul Arif

Tags

Terkini

Jiwa Pemimpin Bisa Diasah melalui Pelatihan

Selasa, 14 September 2021 | 16:06 WIB

Pemilihan Direktur Polines Diharap Lewat Mufakat

Senin, 13 September 2021 | 14:53 WIB

Awali Kegiatan Perkuliahan, Unpand Gelar PKKMB

Senin, 13 September 2021 | 14:16 WIB
X