Inkubator LP2M Unnes Dorong Tumbuhnya Startup

- Senin, 16 September 2019 | 18:59 WIB
Wakil Rektor Bidang Akademik Unnes Prof Dr Zaenuri SE MSi Akt (tengah)  foto bersama perwakilan para mitra usai penandatanganan komitmen dukungan terhadap inkubator Unnes di Gedung LPPM lantai 3 Ruang Borobudur, Senin (16/92/2019). (Arie Widiarto/Ayosemarang.com)
Wakil Rektor Bidang Akademik Unnes Prof Dr Zaenuri SE MSi Akt (tengah) foto bersama perwakilan para mitra usai penandatanganan komitmen dukungan terhadap inkubator Unnes di Gedung LPPM lantai 3 Ruang Borobudur, Senin (16/92/2019). (Arie Widiarto/Ayosemarang.com)

GUNUNGPATI, AYOSEMARANG.COM -- Gugus Inkubator Bisnis (GIB) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Semarang (Unnes) menggandeng sejumlah mitra untuk pengembangan lebih lanjut hasil riset para akademisi di kampus tersebut. Mitra yang digandeng selain dari perbankan seperti Bank Jateng dan Bank BNI juga dari Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kota Semarang.

Kerja sama dengan pihak perbankan dan BPOM ini dituangkan dalam penandatanganan komitmen yang dilaksanakan di sela-sela FGD Inkubator Bisnis Teknologi 2019 di Gedung LPPM lantai 3 Ruang Borobudur, Senin (16/92/2019). Penandatanganan komitmen dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unnes Prof Dr Zaenuri SE MSi Akt dan perwakilan para mitra.

Ketua LP2M Unnes Dr Suwito Eko Pramono menjelaskan selain pasar dari calon tenant yang dapat masuk dalam GIB Unnes, diperlukan peran institusi lain yang memiliki pendanaan maupun program dengan mitra kerja inkubator bisnis. 

AYO BACA : Pakar Teknologi Industri Hadiri Isemantic 2019 Udinus

 ''Lembaga keuangan seperti perbankan dapat menjadi salah satu pasar potensial yang dapat digunakan sebagai sumber pendanaan baik secara in cash maupun in kind dalam mengembangkan inkubator di Unnes,'' jelas Suwito.

Ia menjelaskan, komitmen Unnes dalam menumbuhkembangkan dan mendorong di lingkungan civitas akademik ini tercermin dengan pembentukan GIB  Unnes. Tujuan pendirian GIB Unnes ini sebagai wadah hilirisasi dan komersialisasi penelitian, pengabdian dan mitra binaan Unnes baik dari dalam maupun luar negeri.

''Program inkubator bisnis Unnes ditujukan untuk memberikan layanan bagi sivitas akademika baik dari mahasiswa yang sedang merintis perusahaan (start up) maupun hasil invensi penelitian dosen Unnes yang bernilai komersial di bidang fokus pangan,'' jelasnya.

AYO BACA : Ini Daftar Calon Rektor UI Periode 2019-2024

Dengan adanya program tersebut, Suwito mengharapkan akan lahir wirausaha-wirausaha muda yang tangguh. Melalui program ini pula berbagai kegiatan penguatan kapasitas pengelolaan bisnis dan inovasi dilakukan sehingga menciptakan iklim bagi tumbuh dan berkembangnya pengusaha baru di Unnes.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Baru Sesi Pertama Digelar, Tes SKD Alami Kendala

Sabtu, 18 September 2021 | 21:30 WIB

Kelas Industri Horison Hadir di SMK 6 Semarang

Sabtu, 18 September 2021 | 15:03 WIB

Jiwa Pemimpin Bisa Diasah melalui Pelatihan

Selasa, 14 September 2021 | 16:06 WIB

Pemilihan Direktur Polines Diharap Lewat Mufakat

Senin, 13 September 2021 | 14:53 WIB

Awali Kegiatan Perkuliahan, Unpand Gelar PKKMB

Senin, 13 September 2021 | 14:16 WIB
X