Kepala Sekolah Wajib Miliki NUKS

- Senin, 16 September 2019 | 20:16 WIB
Rektor UPGRIS Muhdi saat membuka Diklat Penguatan Kepala Sekolah, di Kampus II UPGRIS Jalan Sriwijaya, Senin (16/9/2019). (Arie Widiarto/Ayosemarang.com)
Rektor UPGRIS Muhdi saat membuka Diklat Penguatan Kepala Sekolah, di Kampus II UPGRIS Jalan Sriwijaya, Senin (16/9/2019). (Arie Widiarto/Ayosemarang.com)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan terus mendorong kualitas pendidikan di tingkat dasar sampai menengah. Sesuai aturan, kepala sekolah tingkat TK sampai SMP harus memiliki Nomer Unik Kepala Sekolah (NUKS) yang didapatkan melalui diklat.

Rektor Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), Dr Muhdi mengatakan jika kebijakan dari kementerian tersebut mengatur tentang akselerasi mutu pendidikan di sekolah. Salah satunya kepala sekolah harus memiliki setifijat dengan nomer NUKS.

 "Karena faktanya kepala sekolah di Jawa Tengah sangat banyak, namun belum semua memiliki NUKS," kata Muhdi di sela-sela acara Diklat Penguatan Kepala Sekolah, di Kampus II UPGRIS Jalan Sriwijaya, Senin (16/9/2019).

AYO BACA : Upaya Tambah Literas, Dosen Udinus Kenalkan Aplikasi Screen Reading

Ia menambahkan UPGRIS menjadi salah satu universitas berbasis keguruan yang ditunjuk oleh Dirjen GTK Kemendikbud sebagai Lembaga Penyelenggara Diklat (LPD)  Kepala Sekolah. Pada tahun ini, sebanyak 553 guru di Kabupaten Demak, mendapatkan kesempatan untuk mengikuti diklat yang difasilitasi oleh kementrian.

"Materi yang diberikan dalam diklat adalah hal-hal mengenai analisis management, sumber daya manusia, supervisi guru dan tenaga kependidikan, kepemimpinan dan kewirausahaan. Tujuannya agar kwalitasnya pendidikan bisa meningkat," jelasnya.

Muhdi yang juga pemerhati dunia pendidikan ini berharap agar peserta diklat mampu melaksanakan dan lulus ujian serta bida mendapatkan NUKS

AYO BACA : Inkubator LP2M Unnes Dorong Tumbuhnya Startup

 "Kami akan terus mendampingi, peserta diklat tinggal melakukan eksekusi dan melaksanakan. Kedepannakan dipersiapkan diklat untuk calon kepala sekolah," paparnya.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Baru Sesi Pertama Digelar, Tes SKD Alami Kendala

Sabtu, 18 September 2021 | 21:30 WIB

Kelas Industri Horison Hadir di SMK 6 Semarang

Sabtu, 18 September 2021 | 15:03 WIB

Jiwa Pemimpin Bisa Diasah melalui Pelatihan

Selasa, 14 September 2021 | 16:06 WIB

Pemilihan Direktur Polines Diharap Lewat Mufakat

Senin, 13 September 2021 | 14:53 WIB

Awali Kegiatan Perkuliahan, Unpand Gelar PKKMB

Senin, 13 September 2021 | 14:16 WIB
X