Dosen Unnes Jadi Dosen Tamu di Kasetsart University Thailand

- Minggu, 22 September 2019 | 15:42 WIB
Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Farid Ahmadi, S.kom, M.kom, P.hD (kiri) saat memberikan kuliah di Kasetsart University Thailand, Kamis (19/9/2019). (dok)
Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Farid Ahmadi, S.kom, M.kom, P.hD (kiri) saat memberikan kuliah di Kasetsart University Thailand, Kamis (19/9/2019). (dok)

GUNUNGPATI, AYOSEMARANG.COM-- Dua dosen Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Semarang (Unnes) menjadi dosen tamu di Kasetsart University Thailand, Kamis (19/9/2019). Keduanya yaitu dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Farid Ahmadi, S.kom, M.kom, P.hD dan dosen Program Studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Bagus Kisworo, S.Pd, M.Pd.

Saya mengajar di Department of Science Education, Faculty of Education, kata dosen PGSD, Farid Ahmadi, Minggu (22/9/2019).

AYO BACA : Mahasiswa Unnes Paparkan Makalah di Kasetsart University Thailand

Dalam kesempatan itu, Farid memberikan kuliah tentang how to be good teachers in millenia era (bagaimana menjadi guru yang baik di era milenial). Ada sekitar 50 mahasiswa program S1 yang mengikuti kuliah tersebut. 

Mereka tampak antusias. Mahasiswa bahkan berkesempatan menyanyikan lagu berbahasa Thailand bersama di sela-sela perkuliahan tersebut. 

AYO BACA : USM dan BMKG Kembangkan Aplikasi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika

Menurut Farid, guru yang baik era milenial harus menguasai sejumlah hal. Ia menyebut, guru milenial harus menguasai literasi digital. Menurutnya, saat ini informasi beredar secara bebas. Jika tidak dibekali dengan literasi, akan mudah terpapar informasi yang tidak benar.

Guru milenial yang baik juga harus melek teknologi, multitasking, dan visioner, katanya.

Farid juga memaparkan karakteristik guru abad 21, yaitu guru adalah adaptor, komunikator, pembelajar, visioner, pemimpin, menjadi model, kolaborator dan pengambil risiko.

Halaman:

Editor: Abdul Arif

Tags

Terkini

Jiwa Pemimpin Bisa Diasah melalui Pelatihan

Selasa, 14 September 2021 | 16:06 WIB

Pemilihan Direktur Polines Diharap Lewat Mufakat

Senin, 13 September 2021 | 14:53 WIB

Awali Kegiatan Perkuliahan, Unpand Gelar PKKMB

Senin, 13 September 2021 | 14:16 WIB
X