Udinus Edukasi Buang Sampah Melalui Media Permainan

- Rabu, 25 September 2019 | 12:05 WIB
Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang berikan edukasi mengenai jenis-jenis sampah dan tempat membuang yang benar melalui media permainan kepada siswa Kelompok Bermain. (istimewa)
Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang berikan edukasi mengenai jenis-jenis sampah dan tempat membuang yang benar melalui media permainan kepada siswa Kelompok Bermain. (istimewa)

TUGU, AYOSEMARANG.COM - Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang berikan edukasi mengenai jenis-jenis sampah dan tempat membuang yang benar melalui media permainan kepada siswa Kelompok Bermain. Setiap siswa langsung mempraktikkan bermain game dalam pembuang sampah sesuai jenisnya. 

Tim pengabdian masyarakat  diisi oleh tiga orang yakni, Dr Ir Dian Retno Sawitri, MT sebagai ketua tim pengabdian masyarakat, Prof Dr Ir Edi Noersasongko M Kom dan Dwi Nurul Izzati ST MT  sebagai anggota dari tim pengabdian masyarakat. 

Selain itu, tim pengabdian masyarakat tersebut juga dibantu oleh tim lapangan yaitu Dony Satriyo Nugroho M Sc, Dewa Kusuma Wijaya S T M Sc, Helmy Rahardian SSi M Eng dan Nur Islahudin, MT. 

AYO BACA : Lulusan Udinus Diharapkan Bangun Start Up Bidang Teknologi

Kegiatan yang diadakan di pelataran Masjid Baitul Salam di Perumahan Mangkang Indah, Kota Semarang, beberapa waktu lalu ini, memiliki judul ‘Penanaman Perilaku Cinta Lingkungan Anak Usia Dini Sebagai Pondasi Indonesia Bersih dan Sehat’. Kegiatan diikuti sekitar 30 siswa yang terbagi  dua Kelompok Bermain (KB). Dua KB tersebut yakni KB Tunas Bangsa Wonosari dan KB Jatiasih Wonosari. 

Dalam paparannya, Ketua Pengabdian Masyarakat penanaman perilaku cinta lingkungan anak usia dini, Dr Ir Dian Retno Sawitri MT mengatakan  program tersebut diinisiasi dari keprihatinan terhadap banyaknya sampah yang mencemari lingkungan di Indonesia.  Sekaligus sebagai langkah menanamkan kepedulian lingkungan dan membuang sampah yang benar kepada anak usia dini.  

“Kegiatan ini terdapat beberapa agenda dua diantaranya yakni game edukasi ular tangga yang bersifat interaktif, dan aplikasi game edukasi yang dapat dijalankan melalui laptop. Dalam kegiatan ini kami tidak hanya teoritis semata, namun juga interaktif dan juga melibatkan orangtua untuk menanamkan cinta terhadap lingkungan,” ujarnya.   

AYO BACA : Dinus Inside Jadi Awal Perkuliahan Mahasiswa Baru Udinus

Kegiatan pengabdian masyarakat Penanaman Perilaku Cinta Lingkungan Anak Usia Dini, para siswa diberikan pemahaman melalui permainan ular tangga yang menarik dan games edukasi. Games tersebut diberikan langsung kepada setiap pengajar hingga orangtua siswa agar siswa dapat mencoba dan memahami tujuan dari aplikasi games tersebut.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Jiwa Pemimpin Bisa Diasah melalui Pelatihan

Selasa, 14 September 2021 | 16:06 WIB

Pemilihan Direktur Polines Diharap Lewat Mufakat

Senin, 13 September 2021 | 14:53 WIB

Awali Kegiatan Perkuliahan, Unpand Gelar PKKMB

Senin, 13 September 2021 | 14:16 WIB
X