Inovasi Perpustakaan Unika, Raih Penghargaan ALIA 2019

- Kamis, 10 Oktober 2019 | 12:34 WIB
Perpustakaan Unika (Istimewa)
Perpustakaan Unika (Istimewa)

SEMARANGBARAT, AYOSEMARANG.COM -- Perpustakaan Unika Soegijapranata mendapat anugerah Juara Kedua lomba Academic Library Innovation Award (ALIA) 2019. Gelaran tersebut diselenggarakan oleh Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI), acara dilaksanakan di Hotel Novotel Bandar Lampung, Rabu (2/10/2019) lalu.

Kepala Perpustakaan Unika Soegijapranata Rikarda Ratih Saptaastuti SSos mengatakan, perpustakaan Unika sempat terpilih menjadi Juara Pertama ALIA 2019 tingkat Provinsi Jawa Tengah sehingga mewakili untuk gelaran di tingkat nasional.

"Dalam kompetisi, perpustakaan Unika Soegijapranata mengangkat tema ‘Shifting The Library Paradigm’, yang artinya adalah pergeseran paradigma perpustakaan sebagai dampak dari era disruptif," ujarnya, Kamis (10/10/2019).

AYO BACA : Kisah Mahasiswa UPGRIS Magang di Negara ASEAN

Ratih menerangkan, di Era disruptif, perpustakaan harus mampu bertahan dengan melakukan inovasi. Maka inovasi-inovasi yang dilakukan oleh perpustakaan perguruan tinggi itu memang bermacam-macam tergantung dari implementasi perpustakaan itu di masing-masing perguruan tinggi.

Sedangkan Inovasi perpustakaan Unika dilakukan dari beberapa aspek, yaitu dari aspek pengembangan software, pengembangan layanan dan dari aspek pengembangan peran pustakawan.

"Peran pustakawan misalnya bisa membantu dan berkolaborasi dengan para dosen membuat konten  audio visual di ruang SPEDA (Studio Pembelajaran Digital), sehingga materi yang dihasilkan dapat digunakan untuk konten di e-learning atau kursus online, bahkan bisa dimasukkan ke you tube," tambahnya.

AYO BACA : Unika Soegijapranata Gandeng Dreamlight Tangani Sampah Plastik

Dalam hal pengembangan software, salah satunya software open source di perpustakaan Unika Soegijapranata dikembangkan menjadi lebih optimal yaitu dengan pemberian notifikasi kepada para mahasiswa atau dosen yang harus mengembalikan buku pinjaman.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

5 Cara Benar Belajar Matematika, Dijamin Langsung Bisa

Selasa, 19 Oktober 2021 | 11:03 WIB

5 Kelebihan Belajar Online untuk Anak-Anak

Senin, 18 Oktober 2021 | 18:48 WIB

BEM UPGRIS Gelar Porsima dengan Prokes Ketat

Senin, 18 Oktober 2021 | 13:38 WIB

Unika Gelar Donor Darah Peringati 10 Tahun NUNI

Selasa, 12 Oktober 2021 | 19:20 WIB

UPGRIS Targetkan Penambahan Jurnal Terindeks Scopus

Selasa, 12 Oktober 2021 | 14:05 WIB
X