Akuntansi FE Unissula Tambah Doktor

- Selasa, 26 November 2019 | 15:08 WIB
Dosen Akuntasi Unissula Edy Suprianto mendapat ucapan selamat dari Ketua penguji Prof Drs Sutamo MSc PhD dalam ujian terbuka doktor di UNS. (Istimewa).
Dosen Akuntasi Unissula Edy Suprianto mendapat ucapan selamat dari Ketua penguji Prof Drs Sutamo MSc PhD dalam ujian terbuka doktor di UNS. (Istimewa).

GENUK, AYOSEMARANG.COM -- Dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung Semarang (Unissula), Edy Suprianto, berhasil meraih gelar doktor dari Program Doktor Ilmu Ekonomi dan Bisnis UNS, Solo. Ia berhasil mempertahankan desertasinya yang berjudul perjanjian hutang dan manajemen laba pada perusahaan keluarga Indonesia perspektif teori socioemotional wealth (SEW) dalam ujian terbuka, Senin (25/11/2019) lalu.

AYO BACA : Fakultas Kedokteran Gigi Unissula Kirim Tiga Mahasiswa ke Jepang

“Pengertian SEW adalah nilai efektif yang dipegang oleh keluarga, misalnya seperti nama baik dan kontrol keluarga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SEW menjadi preferensi utama bagi perusahaan keluarga untuk melakukan manajemen laba atau tidak. Perusahaan keluarga harus selalau menjaga nama baik sehingga mereka memiliki preferensi yang sama dalam dalam pengambilan keputusan yang terbaik bagi perusahaan,” ungkap Edy di Kampus Unissula Jalan Kaligawe Semarang, Selasa (26/11/2019).

AYO BACA : Agnez Mo Akui Tak Berdarah Indonesia, Kemhan Minta Artis Ikut Bela Negara

Lebih lanjut, ia menjelaskan ketika kontrol keluarga dan nama baik keluarga tidak terancam maka perusahaan keluarga cenderung semakin kecil  manajemen laba. Namun ketika SEW tersebut terancam atau terjadi kegagalan perjanjian hutang perusahaan keluarga cenderung semakin besar melakukan manajemen laba.

Hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa perusahaan keluarga yang mengalami kegagalan perjanjian hutang cenderung memilih menggunakan manajemen laba akrual (penerimaan dan pengeluaran dicatat ketika transaksi bukan ketika uang kas dari transaksi itu diterima) dari pada manajemen laba riil untuk menjaga nama baik keluarga di mata investor. Manajemen laba riil cenderung berpengaruh terhadap arus kas yang akan diterima di masa depan.

Edi menyarankan, investor atau calon investor mempertimbangkan kembali jika berinvestasi diperusahaan keluarga yang dikendalikan oleh bukan founder perusahaan. Selain itu untuk kreditur atau perbankan harus lebih melakukan pengawasan yang ketat kepada perusahaan yang gagal dalam perjanjian utang dengan mewajibkan pemilihan auditor yang kompeten.

Promovendus lulus ujian terbuka doktor dengan pujian (cumlaude). Para penguji antara lain Prof Drs Sutamo MSc PhD, Prof Drs Djoko Suhardjanto, MCom (Hons) PhD Ak, Prof Dr Rahmawati MSi Ak, Doddy Setiawan SE MSi IMRI PhD Ak, Dra Y Anni Aryani MProf Acc PhD Ak, Ari Kuncara Widagdo SE MBA PhD Ak, Dr Mutamimah MSi Ak, Abdul Ghofar SE MSi DBA Ak.

AYO BACA : Mahasiswa Diharapkan Jadi Agen Integritas Berantas Korupsi

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Baru Sesi Pertama Digelar, Tes SKD Alami Kendala

Sabtu, 18 September 2021 | 21:30 WIB

Kelas Industri Horison Hadir di SMK 6 Semarang

Sabtu, 18 September 2021 | 15:03 WIB

Jiwa Pemimpin Bisa Diasah melalui Pelatihan

Selasa, 14 September 2021 | 16:06 WIB
X