Narkoba Tutup Kesempatan Meraih Peluang Terbaik

- Jumat, 29 November 2019 | 14:32 WIB
Kepala BNN Provinsi Jawa Tengah Brigjen Pol Dr Benny Gunawan menyampaikan paparan dalam seminar tentang pencegahan narkoba di ruang Teater Thomas Aquinas Unika, Jumat (29/11/2019). (istimewa)
Kepala BNN Provinsi Jawa Tengah Brigjen Pol Dr Benny Gunawan menyampaikan paparan dalam seminar tentang pencegahan narkoba di ruang Teater Thomas Aquinas Unika, Jumat (29/11/2019). (istimewa)

GAJAHMUNGKUR, AYOSEMARANG.COM- Narkoba apapun bentuknya bisa menutup kesempatan untuk meraih peluang terbaik (achieve the best) dalam hidup si pengguna. Maka hidup mesti memiliki prioritas dan jangan biarkan narkoba itu mengganggu dan merusak prioritas hidup kita.

Hal itu diungkapkan mantan pengguna narkoba Alex Zulkarnain dalam seminar dengan tema "Pengembangan Kepribadian untuk Milenial Sehat Tanpa Narkoba" yang diselenggarakan oleh UPT Kemahasiswaan dan Alumni (UKA) Unika Soegijapranata bekerja sama dengan Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (LP3), di ruang Teater Thomas Aquinas Unika, Jumat (29/11/2019).

Alex mengungkapkan pemicu yang biasanya muncul untuk menggunakan narkoba adalah karena coba-coba. Kemudian karena solidaritas dalam suatu kelompok atau komunitas. 

"Ini biasanya yang paling kuat dorongannya, karena menjadi syarat agar si pengguna tidak dikucilkan oleh kelompoknya," jelasnya.

AYO BACA : Sri Puryono Guru Besar Dosen Tidak Tetap Pertama Pascasarjana Undip

Hal lain, kata dia, pengguna biasanya punya banyak waktu nganggur atau tidak punya kegiatan positif, sehingga perlu bagi mahasiswa untuk mengisi waktu luang mereka dengan kegiatan-kegiatan positif supaya tidak terdorong menggunakan narkoba.

Kepala BNN Provinsi Jawa Tengah Brigjen Pol Dr Benny Gunawan yang hadir sebagai pembicara mengatakan narkoba yang diserang adalah otak, oleh karena itu BNN melakukan tindakan represif dan preventif. Selain itu, ada juga P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) yang menjadi tugas BNN.

“Masyarakat jangan takut untuk melapor adanya pecandu karena akan direhabilitasi dan tidak akan dipidana, termasuk jangan takut test urine, apabila ditemukan akan direhabilitasi,” imbuhnya.

Narkoba, kata dia, memang identik dengan generasi muda. Hasil survei penelitian di BNN menyebutkan penyalahguna narkoba 24 % adalah pelajar dan mahasiswa. 

Halaman:

Editor: Abdul Arif

Tags

Terkini

5 Cara Benar Belajar Matematika, Dijamin Langsung Bisa

Selasa, 19 Oktober 2021 | 11:03 WIB

5 Kelebihan Belajar Online untuk Anak-Anak

Senin, 18 Oktober 2021 | 18:48 WIB

BEM UPGRIS Gelar Porsima dengan Prokes Ketat

Senin, 18 Oktober 2021 | 13:38 WIB

Unika Gelar Donor Darah Peringati 10 Tahun NUNI

Selasa, 12 Oktober 2021 | 19:20 WIB

UPGRIS Targetkan Penambahan Jurnal Terindeks Scopus

Selasa, 12 Oktober 2021 | 14:05 WIB
X