Robot Ciptaan Mahasiswa UNS Ini Bisa Temukan Korban Bencana

- Sabtu, 11 Januari 2020 | 06:49 WIB
Dua mahasiswa sedang mencoba mengoperasikan robot penemu korban bencana alam. (Antara/Aris Wasita)
Dua mahasiswa sedang mencoba mengoperasikan robot penemu korban bencana alam. (Antara/Aris Wasita)

SOLO, AYOSEMARANG.COM -- Robot yang bisa korban bencana di lokasi yang tidak terjangkau oleh manusia berhasil diciptakan mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah.

"Kami menciptakan prototipe robot untuk mencari keberadaan korban ketika ada bencana," tutur salah satu mahasiswa, Syaifullah Filard Latifah di Solo, Jumat (10/1/2020).

Ia mengatakan, alat berbentuk robot yang diberi nama Rescue UGV ini bisa digunakan di zona-zona sulit, di antaranya gunung berapi yang masih aktif, zona yang terkena kebakaran hutan, dan zona yang terpapar radioaktif.

Ia mengatakan, Rescue UGV dilengkapi dengan kamera dan infra merah sehingga bisa mendeteksi suhu tubuh manusia.

AYO BACA : Seprai Pembunuh Nyamuk dari Kotoran Kerbau Antarkan Mahasiswa UNS Raih Emas Internasional

"Manusia akan terlihat berwarna merah kuning saat dideteksi menggunakan infra merah. Kemudian robot ini dikendalikan dengan jaringan internet. Scan pakai kamera infrared yang bisa melihat suhu tubuh sehingga bisa diketahui itu manusia apa bukan, masih hidup atau sudah meninggal," katanya seperti diberitakan Antara.

Ia mengatakan, alasan diciptakannya alat yang sudah dibuat sejak tiga bulan lalu tersebut karena banyak daerah di Indonesia yang sering terkena bencana alam.

"Bencana bisa sewaktu-waktu datang, dari situlah kami memiliki ide untuk membuat alat pendeteksi atau pencari korban bencana. Apalagi selama ini kita terkadang terkendala untuk mendeteksi keberadaan korban," katanya.

Mahasiswa lain yang juga masuk dalam tim penemu, Taufik Widyastama mengatakan ke depan alat tersebut akan terus dikembangkan supaya kemampuannya bisa bertambah.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Penelitian dengan Teori Lokal Perlu Dikembangkan

Sabtu, 27 November 2021 | 08:24 WIB

Wonosobo Juara Festival Tunas Bahasa Ibu Jateng

Senin, 22 November 2021 | 18:04 WIB
X