Rektor Fathur Rokhman Beri Pelatihan Kepemimpinan LK dan UKM Unnes

- Selasa, 28 Januari 2020 | 16:50 WIB
Rektor Fathur Rokhman saat memberikan pelatihan kepemimpinan bertumbuh bagi LK dan UKM Unnes, Selasa (28/1/2020).
Rektor Fathur Rokhman saat memberikan pelatihan kepemimpinan bertumbuh bagi LK dan UKM Unnes, Selasa (28/1/2020).

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM -- Universitas Negeri Semarang (Unnes) menggelar Pelatihan Kepemimpinan bagi pemimpin baru Lembaga Kemahasiswaan (LK) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), di Auditorium Unnes, Selasa (28/1/2020).

Rektor Unnes, Fathur Rokhman, berkesempatan langsung menjadi narasumber dengan memberikan 2 materi, yakni Kepemimpinan Bertumbuh dan Penguatan Reputasi Diri serta Lembaga.

Fathur mengatakan, bahwa kepemimpinan bertumbuh adalah kesadaran, komitmen, dan kompetensi. Tak hanya itu, kepemimpinan pun berasal dari visi besar yang ada pada diri masing-masing pemimpin. 

AYO BACA : UNNES Awards 2019 untuk Insan Berprestasi

"Semakin besar visinya, semakin sulit terjangkau visinya, maka akan menghasilkan kepemimpinan bertumbuh yang semakin besar," ujar Fathur Rokhman.

Menurut Fathur, kepemimpinan bertumbuh disimbolkan seperti pohon yang tinggi menjulang, mempunyai akar teguh dan cabangnya menjulang ke langit. Kepemimpinan bertumbuh yang dimaksud mempunyai 3 ciri, yakni daya adaptif pohon untuk bertahan hidup, merespon perubahan, dan semua unsur dalam pohon berjalin memberikan manfaat

“Kepemimpinan yang bertumbuh bagai bagian pohon yaitu benih, pohon yang kuat, jejaring pohon, terpaan badai, menumbuhkan benih baru. Benih merupakan bibit utama dalam menentukan seberapa kuat pohon tersebut berdiri," kata rektor yang menjabat sejak 2014.

AYO BACA : Juru Bicara Sebut Ada Pihak Tak Suka dengan Kemajuan Unnes

Selain Rektor Fathur Rokhman, ada Hendi Pratama, Wakil Dekan Akademik dari Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), yang berbicara tentang penguatan reputasi. Hendi mengatakan, ketika membangun reputasi dapat dilakukan dengan mengulang-ulangi secara nyata dan maya perilaku baik.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Kelas Industri Horison Hadir di SMK 6 Semarang

Sabtu, 18 September 2021 | 15:03 WIB

Jiwa Pemimpin Bisa Diasah melalui Pelatihan

Selasa, 14 September 2021 | 16:06 WIB

Pemilihan Direktur Polines Diharap Lewat Mufakat

Senin, 13 September 2021 | 14:53 WIB

Awali Kegiatan Perkuliahan, Unpand Gelar PKKMB

Senin, 13 September 2021 | 14:16 WIB
X