5 Kegiatan Asik yang Bisa Dilakukan Mahasiswa Ketika Libur Kuliah

- Kamis, 13 Februari 2020 | 15:27 WIB
Ilustrasi liburan kuliah (Istimewa)
Ilustrasi liburan kuliah (Istimewa)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM -- Musim liburan kuliah pastinya menjadi waktu yang sangat ditunggu-tunggu mahasiswa. Pasalnya, keinginan untuk pulang merupakan hal sangat diinginkan setelah melalui beragam padatnya kegiatan di kampus.  Mulai dari ujian akhir, sibuknya organisasi, dan menyelesaikan  beragam tugas dari dosen.     

Namun, kamu jangan saklek dengan hanya menginginkan pulang dan merasa tenang ketika di rumah. Gunakanlah waktu lliburmu seproduktif mungkin. Libur panjang kuliah yang kadang sampai 2 bulan lebih, bisa dimanfaatkan untuk lebih menjadi manusia yang berguna. Seperti 5 kegiatan di bawah ini:

Pertama, musim liburan bukan berarti segala yang berhubungan dengan belajar juga libur. Hal ini yang masih menjadi pemikiran konservatif mahasiswa sekarang. Justru harusnya waktu libur menjadi peluang untuk belajar lebih.

AYO BACA : Biomedik Unissula Study Trip ke Songkhla Thailand

Kamu bisa membaca buku apapun dengan nyaman tanpa tekanan tugas, kamu bisa mengambil semester pendek jika mata kuliahmu dirasa belum mencapai target, atau kamu bisa mengasah skill yang pada saat  kuliah kamu tidak punya waktu  dengan menyalurkannya ke tempat yang tepat.

Kedua, bagi kamu yang merupakan anak rantau, bisa isi liburan dengan sekaligus kerja. Kamu jauh-jauh dari rumah jangan menjadi orang yang hanya menunggu kiriman uang orang tua. Jadikan jalan untuk kamu belajar mandiri.

Mandiri mengatur keuangan, mandiri mengatur hidup, dan mengatur diri. Kerja yang bisa kamu coba macam-macam, ikut bimbel les anak sekolah, ngajar ekstra sekolah kalau ada kenalan, kerja di Kedai Kopi, warung makan, atau bahkan menulis untuk dikirimkan ke media. Kegiatan tersebut bisa sangat membantu keuangan kamu. 

AYO BACA : Daftar 10 Universitas Swasta Teratas di Indonesia

Ketiga, kalau kamu anak organisasi di kampus, bisa gunakan waktu liburan untuk mempersiapkan kegiatan yang akan datang lebih awal. Dengan sering berkumpul dengan teman-teman organisasi, kamu bakal lebih tahu karakter mereka. Kamu juga akan punya teman yang bisa diajak curhat atau ngobrol dengan cara ini.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Rektor Unnes Kukuhkan 2 Profesor Baru Bidang Kimia

Rabu, 27 Oktober 2021 | 14:24 WIB

Wisuda ke 108, Rektor UNNES Ajak Teladani Santri

Kamis, 21 Oktober 2021 | 18:36 WIB
X