Perencanaan Tata Kota dalam Menghadapi Situasi Bencana Harus Jadi Perhatian

- Kamis, 23 Juli 2020 | 19:11 WIB
Pusat Studi Urban (PSU) LPPM Unika Soegijapranata kembali menggelar webinar dengan topik bahasan utama adalah “Membangun Kepekaan Kota Terhadap Bencana”. (Dok)
Pusat Studi Urban (PSU) LPPM Unika Soegijapranata kembali menggelar webinar dengan topik bahasan utama adalah “Membangun Kepekaan Kota Terhadap Bencana”. (Dok)

GAJAHMUNGKUR, AYOSEMARANG.COM -- Pusat Studi Urban (PSU) LPPM Unika Soegijapranata kembali menggelar webinar dengan topik bahasan utama adalah “Membangun Kepekaan Kota Terhadap Bencana”.

Ketua PSU LPPM Unika Soegijapranata Dr Trihoni Nalesti Dewi mengatakan, perencanaan tata kota di Indonesia dalam situasi darurat menghadapi situasi bencana merupakan hal yang menjadi perhatiannya.

"Situasi bencana yang sedang kita hadapi ini, juga terkait dengan resiko-resiko bencana alam lainnya, mendorong kami untuk berpikir bagaimana membangun tata kota yang peka terhadap bencana dari sisi makro maupun mikronya," ujarnya belum lama ini.

Dr Ing Wiyatiningsih, memaparkan Tata Ruang Kota Berbasis Pengurangan Resiko Bencana. Menurutnya, apabila penting bagi suatu daerah melakukan proses pengurangan resiko bencana atau sudah memasukkannya dalam rencana tata ruang.

AYO BACA : Unika Gelar Webinar Pengelolaan Limbah Medis di Tengah Pandemi

"Pasti Rencana Tata Ruang Wilayahnya atau RTRW-nya sudah memasukkan elemen-elemen yang harus dipertimbangkan di dalam merencanakan daerah yang kira-kira nanti bisa mengurangi resiko bencana yang akan terjadi,” terangnya.

Adapun langkah yang harus dilakukan diantaranya adalah pengendalian atau pembatasan pembangunan fisik di daerah rawan bencana.

“Selain tata ruang, diperlukan juga pranata atau perangkat pencegahan yang berupa peraturan-peraturan atau strategi mitigasi yang terkait struktur dan konstruksi yang harus diatur," imbuhnya.

Narasumber kedua, Robertus Aji Nugroho PhD, memaparkan, Big Data untuk Tata Ruang Kota yang Tanggap Bencana.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

5 Cara Benar Belajar Matematika, Dijamin Langsung Bisa

Selasa, 19 Oktober 2021 | 11:03 WIB

5 Kelebihan Belajar Online untuk Anak-Anak

Senin, 18 Oktober 2021 | 18:48 WIB

BEM UPGRIS Gelar Porsima dengan Prokes Ketat

Senin, 18 Oktober 2021 | 13:38 WIB

Unika Gelar Donor Darah Peringati 10 Tahun NUNI

Selasa, 12 Oktober 2021 | 19:20 WIB

UPGRIS Targetkan Penambahan Jurnal Terindeks Scopus

Selasa, 12 Oktober 2021 | 14:05 WIB
X