Mahasiswa Unnes Adukan Mendikbud ke Komnas HAM

- Senin, 3 Agustus 2020 | 21:14 WIB
Sejumlah Mahasiswa Unnes Adukan Mendikbud ke Komnas HAM (dok)
Sejumlah Mahasiswa Unnes Adukan Mendikbud ke Komnas HAM (dok)

GUNUNGPATI, AYOSEMARANG.COM -- Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengadukan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makariem, ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

Salah satu mahasiswa Unnes yang ikut melaporkan Mendikbud, Franscollyn Mandalika mengatakan, jika ada beberapa hal yang menjadi dasar aduannya tersebut.

AYO BACA : BEM Unnes Desak Kampus Kembalikan UKT, Begini Tanggapan Kampus

"Yaitu berkaitan dengan kewajiban pembayaran biaya kuliah di masa pandemi Covid-19, kedua pembungkaman ruang demokrasi serta tindak represi yang terjadi di beberapa perguruan tinggi berkaitan dengan gerakan demonstrasi menuntut keringanan biaya kuliah di masa pandemi covid-19 ini," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (3/8/2020).

Ditengah merosotnya kondisi perekonomian nasional, lanjutnya, tentu dirasakan oleh mahasiswa maupun keluarga mahasiswa, kemudian tidak dinikmatinya hak berupa fasilitas dan layanan pendidikan secara penuh karena pembelajaran yang dilakukan secara daring. 

AYO BACA : Dihina Karena Bernama Kentut, Pria Ini Akhirnya Ganti Nama

"Hal tersebut menimbulkan gejolak dan dinamika di kalangan mahasiswa yang menuntut adanya keringanan pembayaran biaya kuliah, karena ada hak dan kewajiban yang tidak berbanding lurus/setimpal di masa Pandemi Covid-19 ini," Imbuhnya.

Undang-undang mengatur tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat . Kemudian konstitusi negara Indonesia juga mengatur dan menjamin mengenai kebebasan berserikat, berkumpul dan menyampaikan pendapat. 

"Pembungkaman ruang-ruang demokrasi serta tindak represif yang kerap kali dilakukan oleh berbagai Universitas, terkhusus kepada para mahasiswa yang melakukan aksi demonstrasi maupun gerakan lain terhadap tuntutan keringanan biaya kuliah di masa pandemi jadi perhatian kami," Katanya.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Penelitian dengan Teori Lokal Perlu Dikembangkan

Sabtu, 27 November 2021 | 08:24 WIB

Wonosobo Juara Festival Tunas Bahasa Ibu Jateng

Senin, 22 November 2021 | 18:04 WIB
X