Perpustakaan di Unika Masukkan Konsep Game Edukasi VR

- Rabu, 14 Oktober 2020 | 13:55 WIB
Perpustakaan Unika Soegijapranata melengkapi fasilitas dengan Stela atau Simulator Teknologi Pembelajaran. (dok)
Perpustakaan Unika Soegijapranata melengkapi fasilitas dengan Stela atau Simulator Teknologi Pembelajaran. (dok)

GAJAHMUNGKUR, AYOSEMARANG.COM -- Memasukkan elemen permainan ke dalam layanan perpustakaan dapat mendorong keterlibatan, motivasi pengguna dan pemustaka untuk melihat perpustakaan sebagai lingkungannya.

Hal tersebut disampaikan oleh Rikarda Ratih Saptaastuti, Kepala Perpustakaan Unika Soegijapranata. Menurutnya,  di era disruptif ini, perpustakaan perlu memiliki konsep layanan baru yang menarik dan mendorong keterlibatan pengguna.

AYO BACA : Rektor UPGRIS: Perlunya Kesadaran Ketahanan Pangan Saat Pandemi

Dengan begitu akan mengurangi 'image' perpustakaan sebagai tempat belajar yang serius dan sepi, ujarnya dalam keterangan yang diterima, Rabu (14/10/2020).

Membawa permainan yang mendorong semangat belajar menjadi konsep menarik dan hal tersebut dilakukan oleh Perpustakaan Unika Soegijapranata melalui Stela atau Simulator Teknologi Pembelajaran.

AYO BACA : Mahasiswa UIN Walisongo Laksanakan KKN Misi Khusus Internasional

Stela menyediakan permainan Virtual Reality (VR) literasi Informasi dalam bentuk true and false game, endless run game, dan game sensor tarian tradisional yang merupakan bagian dari game pembelajaran, imbuhnya.

Ratih menambahkan, game pembelajaran tersebut dikembangkan oleh mahasiswa-mahasiswa program Game Technology Unika Soegijapranata yang menjalani program magang di perpustakaan. Saat ini booth Stela tersedia di perpustakaan yang dapat digunakan oleh pemustaka dan sivitas akademika untuk bermain dan belajar. 

Dalam waktu dekat juga akan ditambahkan satu booth lagi di gedung Mikael dengan fitur tambahan yang menunjukkan fungsi teknologi dalam literasi informasi di dalam gedung administrasi, Ucapnya.

Halaman:

Editor: Abdul Arif

Tags

Terkini

5 Cara Benar Belajar Matematika, Dijamin Langsung Bisa

Selasa, 19 Oktober 2021 | 11:03 WIB

5 Kelebihan Belajar Online untuk Anak-Anak

Senin, 18 Oktober 2021 | 18:48 WIB

BEM UPGRIS Gelar Porsima dengan Prokes Ketat

Senin, 18 Oktober 2021 | 13:38 WIB

Unika Gelar Donor Darah Peringati 10 Tahun NUNI

Selasa, 12 Oktober 2021 | 19:20 WIB

UPGRIS Targetkan Penambahan Jurnal Terindeks Scopus

Selasa, 12 Oktober 2021 | 14:05 WIB
X