Begini Cara Kerja Plasma Konvalesen dalam Pengobatan Covid-19

- Kamis, 10 Desember 2020 | 16:35 WIB
Kegiatan Bincang Plasma Konvalesen untuk Terapi Covid 19. (Dok)
Kegiatan Bincang Plasma Konvalesen untuk Terapi Covid 19. (Dok)

GAJAHMUNGKUR, AYOSEMARANG.COM -- Fakultas kedokteran (FK) Unika Soegijapranata bekerja sama dengan Rumah Sakit St Elizabeth dan PMI Kota Semarang menyelenggarakan Webinar Gerakan Plasmaku Untukmu dengan tema “Bincang Plasma Konvalesen Untuk Terapi Covid 19.”

Membuka testimoni dalam webinar Hendrar Prihadi sebagai penyintas covid-19, mengemukakan perlunya tetap menaati protokol kesehatan dengan melakukan 3 M, menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan memakai sabun.

“Yang terbaik dalam masa pandemi covid-19 ini bagi warga Kota Semarang adalah tidak boleh ada yang sakit dengan cara, yaitu pertama makan makanan yang sehat, teratur dan bergizi, kedua adalah sering minum vitamin, dan ketiga yaitu mejalankan SOP kesehatan dengan melakukan 3 M,” ujarnya, Kamis (10/12/2020).

AYO BACA : Efektif, Ganjar Minta Para Penyintas Covid-19 Mau Donorkan Plasma

Sedang narasumber lain, dr Mika L Tobing dalam paparan materinya menjelaskan tentang penggunaan alternatif pengobatan melalui terapi plasma konvalesen.

Ia menerangkan, secara rasional sebetulnya pemberian terapi plasma pada covid-19 itu adalah pada masalah memperbaiki reaksi immunologist dari pasien, atau dalam bahasa kedokteran disebut immunomodulatory treatment.

Yang mana dengan pemberian plasma konvalesen yang sudah mengandung antibodi pada pasien yang sedang menderita covid maka immunologist dari pasien itu akan lebih baik sehingga dengan demikian perbaikan dan keselamatan akan mungkin didapatkan,” katanya.

AYO BACA : Paslon Menang Diminta Tahan Diri, Jangan Berkerumun

Hal lain, efektivitas terapi juga tergantung pada fase penyakit dan kormobiditas pasien, yang biasanya terapi ini diberikan pada pasien fase berat atau yang mengancam kehidupan dan efek samping bisa dipantau serta pemberian terapi di ICU dengan sepengetahuan pasien dan atau keluarga.

Halaman:

Editor: Abdul Arif

Tags

Terkini

5 Cara Benar Belajar Matematika, Dijamin Langsung Bisa

Selasa, 19 Oktober 2021 | 11:03 WIB

5 Kelebihan Belajar Online untuk Anak-Anak

Senin, 18 Oktober 2021 | 18:48 WIB

BEM UPGRIS Gelar Porsima dengan Prokes Ketat

Senin, 18 Oktober 2021 | 13:38 WIB

Unika Gelar Donor Darah Peringati 10 Tahun NUNI

Selasa, 12 Oktober 2021 | 19:20 WIB

UPGRIS Targetkan Penambahan Jurnal Terindeks Scopus

Selasa, 12 Oktober 2021 | 14:05 WIB
X