FTP Unika Kenalkan Prinsip Pedoman Gizi Seimbang

- Rabu, 24 Februari 2021 | 13:15 WIB
FTP Unika Soegijapranata menggelar serial webinar ke-12 bertema “You Are What You Eat: Growing Wellness and Beauty From Inside”. (dok)
FTP Unika Soegijapranata menggelar serial webinar ke-12 bertema “You Are What You Eat: Growing Wellness and Beauty From Inside”. (dok)

GAJAHMUNGKUR, AYOSEMARANG.COM -- Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata menggelar serial webinar ke-12 bertema “You Are What You Eat: Growing Wellness and Beauty From Inside”.

Dosen FTP Unika, Meiliana mengatakan, segi porsi dan keberagaman makanan merupakan hal yang mempengaruhi makanan yang tepat.

“Sejak masa remaja, bahkan sejak kecil, kita sebenarnya perlu makan makanan yang tepat. Di Indonesia, sebenarnya kita sudah punya Pedoman Gizi Seimbang," ujarnya, dalam keterangan yang diterima Ayosemarang, Rabu (24/2/2021).

Buah-buahan dan sayuran menempati separuh dari piring kita. Sedangkan makanan pokok, seperti nasi, mengambil tempat sedikit lebih dari seperempat piring atau sekitar 30%-35% dari piring, dan sisanya adalah lauk-pauk sumber protein.

"Setiap golongan bahan makanan juga bisa beragam. Misalnya makanan pokok tidak hanya bisa diisi nasi tetapi juga bisa juga diisi dengan roti, kentang, mie, jagung, singkong atau ketela. Pedoman ini mudah sekali membantu kita supaya dalam satu kali makan kita tahu tepatnya seperti apa,"tambahnya.

AYO BACA : Unika Gelar Diseminasi Hasil Penelitian dan PM Hibah Kemenristek-BRIN 2020

Prinsip dari Pedoman Gizi Seimbang ada 3 yaitu seimbang, moderat atau cukup dalam hal porsi, dan variatif dalam bahan makanan yang kita konsumsi.

"Harapannya dengan mengikuti tiga prinsip ini, kita bisa makan makanan dengan tepat. Ini juga bukan panduan yang kaku sekali. Yang penting kita aware atau sadar terlebih dulu tentang apa yang kita makan. Pedoman ini bisa menjadi semacam goal bagaimana idealnya kita makan, sehingga kita juga selalu berusaha untuk makan secara bervariasi," ucapnya.
 
Sementara itu, Listiyani yang bergerak di bidang Healthy Catering juga membagikan tips dalam mengolah makanan katering yang sehat.

Dalam membuat healthy catering, sebenarnya dasarnya sangat mudah. Acuannya adalah makanan yang biasa  dimakan. Misalnya nasi opor yang mungkin identik dengan lemak tinggi, banyak santan, dan tidak ada sayurnya tetapi kali ini diolah dengan cara mengurangi santan dan ditambahkan sayuran.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Penelitian dengan Teori Lokal Perlu Dikembangkan

Sabtu, 27 November 2021 | 08:24 WIB

Wonosobo Juara Festival Tunas Bahasa Ibu Jateng

Senin, 22 November 2021 | 18:04 WIB
X