Pemerintah Sepakat Pembelajaran Tatap Muka Dimulai Juli 2021

- Rabu, 31 Maret 2021 | 11:15 WIB
Pembukaan pembelajaran tatap muka di sekolah rencananya dimulai pada Juli 2021. (istimewa)
Pembukaan pembelajaran tatap muka di sekolah rencananya dimulai pada Juli 2021. (istimewa)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM -- Pemerintah telah menyepakati pembukaan pembelajaran tatap muka di sekolah yang rencananya dimulai pada Juli 2021.

Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

SKB Empat Menteri itu ditandatangani Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem A Makarim, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Menteri Kesehatan Budi G Sadikin.

“Melalui SKB ini kita harapkan anak-anak bisa terpenuhi hak-haknya dalam memperoleh pendidikan. Kita harus akui PJJ (pembelajaran jarak jauh) selama ini tidak dapat disamakan dengan pembelajaran tatap muka (PTM)," ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy saat mengumumkan SKB tersebut, Selasa (30/3/2021).

Menurutnya, kesuksesan implementasi SKB Empat Menteri terkait pelaksanaan pembelajaran tatap muka tidak lepas dari komitmen dan sinergitas seluruh pemangku kepentingan.

Peranan tersebut tidak akan berjalan optimal tanpa keterlibatan aktif seluruh warga sekolah termasuk penanaman disiplin protokol kesehatan mulai dari rumah hingga selama berada di sekolah.  

AYO BACA : Pemprov Jateng Siapkan Skenario Pembelajaran Tatap Muka

Penutupan sekolah-sekolah di Indonesia dimulai di DKI Jakarta pada 14 Maret 2020, hampir dua pekan setelah penularan Covid-19 perdana di Tanah Air diumumkan. Setelah itu, penutupan di seluruh dilayah Indonesia menyusul.

Terus melonjaknya angka penularan membuat rencana pembukaan pada Juli tahun lalu, kemudian pada Januari 2021 ditunda. Meski begitu, sejumlah sekolah di berbagai daerah sejak awal tahun mulai mengujicobakan PTM. Sejauh ini, jumlahnya mencapai sekitar 48 ribu unit sekolah.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Jiwa Pemimpin Bisa Diasah melalui Pelatihan

Selasa, 14 September 2021 | 16:06 WIB

Pemilihan Direktur Polines Diharap Lewat Mufakat

Senin, 13 September 2021 | 14:53 WIB

Awali Kegiatan Perkuliahan, Unpand Gelar PKKMB

Senin, 13 September 2021 | 14:16 WIB
X