FPIPSKR UPGRIS Gelar Sarasehan, Peringati Hari Lahir Pancasila

- Jumat, 4 Juni 2021 | 14:03 WIB
FPIPSKR UPGRIS menggelar sarasehan untuk memperingati Hari Lahir Pancasila
FPIPSKR UPGRIS menggelar sarasehan untuk memperingati Hari Lahir Pancasila

SEMARANGTIMUR, AYOSEMARANG.COM -- Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan dan Keolahragaan (FPIPSKR) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) menggelar sarasehan untuk memperingati Hari Lahir Pancasila belum lama ini.

Sarasehan Pancasila diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis Ke-40 (Panca Windu) Universitas PGRI Semarang. Kegiatan ini terselenggara dengan menggandeng AP3KnI Jawa Tengah. 

Hadir beberapa narasumber dalam kegiatan tersebut Dr Muhdi SH MHum rektor UPGRIS, Prof Dr Masrukhi, Rektor UNIMUS, Dr Agus Sutono, Dekan FPIPSKR UPGRIS, Dr Triyanto, Ketua  AP3KnI Jawa Tengah, Dr Suprayogi, dan tamu undangan lainnya. Acara berlansung melaui jaringan Zoom serta ditayangkan melalui kanal Youtube FPIPSKR UPGRIS. 

AYO BACA : 4 Ketentuan Seleksi Sekolah Kedinasan 2021, Dijamin Lulus!

Dalam sambutanya Dekan FPIPSKR Dr Agus Sutono, menyampaikan kegiatan ini merupakan agenda tahunan akademik FPIPSKR UPGRIS. 

“Acara ini juga bertepatan peringatan hari lahir Pancasila. Acara ini diikuti oleh ribuan peserta dari UPGRIS serta dari perguruan tinggi lain di tanah air. Hal yang mendasari kegiatan ini  salah satunya, tanggung jawab dan kewajiban moral sebagai sivitas akademika di perguruan tinggi. Selain itu, memiliki tanggung jawab yang tinggi dan demi keberlangsungan negara kesatuan republik Indonesia dengan ideologi Pancasila sebagai rumah besar bangsa bangsa,” ujarnya dalam keterangan yang didapat, Jumat 4 Juni 2021.

“Sistem pendidikan yang dialami sekarang ini merupakkan hasil perkembangan pendidikan yang tumbuh dalam sejarah pengaman bangsa di masa lalu. Pendidikan tidak berdiri sendiri, tetapi selalu dipengaruhi oleh kekuatan-kekuatan politik, sosial, ekonomi, dan budaya. Pendidikan, selain sebagai sarana transfer ilmu pengetahuan, sosial budaya, juga merupakan sarana untuk mewariskan ideologi bangsa kepada generasi selanjutnya yang sekali lagi hanya dapat dilakukan melalui pendidikan. Suatu bangsa akan menajdi kuat dengan sistem pendidikannya yang kuat dan baik kualitasnya,” imbuh Agus.

AYO BACA : Rektor USM Tugaskan Mahasiswa KKN Edukasi Masyarakat Terapkan Protokol Kesehatan

Dia memaparkan beberapa  kompetensi kontekstual Pancasila, di antaranya sikap bertanggung jawab. Kedua, Kemampuan memaknai peristiwa sejarah dan nilai-nilai budaya  bagi Persatuan Indonesia. Ketiga, Pengenalan atas perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni. Keempat, Pengenalan atas perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni. 

Halaman:

Editor: Ade Lukmono

Tags

Terkini

Wisuda ke 108, Rektor UNNES Ajak Teladani Santri

Kamis, 21 Oktober 2021 | 18:36 WIB

5 Cara Benar Belajar Matematika, Dijamin Langsung Bisa

Selasa, 19 Oktober 2021 | 11:03 WIB

5 Kelebihan Belajar Online untuk Anak-Anak

Senin, 18 Oktober 2021 | 18:48 WIB

BEM UPGRIS Gelar Porsima dengan Prokes Ketat

Senin, 18 Oktober 2021 | 13:38 WIB
X