Rayakan Dies Natalis ke-39, Unika Laksanakan Misa Syukur Secara Daring

- Jumat, 23 Juli 2021 | 10:18 WIB
Romo Alysius Budi memimpin Misa Syukur yang dilaksanakan oleh Unika pada Kamis 22 Juli 2021. Misa Syukur ini dalam rangka Dies Natalis Unika yang ke-39. (dok Unika)
Romo Alysius Budi memimpin Misa Syukur yang dilaksanakan oleh Unika pada Kamis 22 Juli 2021. Misa Syukur ini dalam rangka Dies Natalis Unika yang ke-39. (dok Unika)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM -- Merayakan Dies Natalis yang ke-39, Unika Soegijapranata menyelenggarakan Misa Syukur pada Kamis 22 Juli 2021.

Misa ini dipimpin langsung oleh Pastor Kepala Campus Ministry Unika Romo Aloysius Budi Purnomo Pr dan diikuti oleh seluruh sivitas akademika secara virtual melalui laman Youtube.

Romo Aloysius Budi dalam homilinya mengingatkan tentang teladan patron Unika Soegijapranata yaitu Mgr Albertus Soegijapranata dan peran Unika Soegijapranata di tengah-tengah masyarakat.

“Dalam dokumen gereja yang dibuat oleh Santo Paus Yohanes Paulus II pada tanggal 15 Agustus 1990 yang bernama Ex Corde Ecclesiae menyebutkan bahwa setiap perguruan tinggi Katolik dan universitas Katolik lahir dari Jantung Gereja dan hadir di tengah-tengah masyarakat,” ucapnya.

AYO BACA : Kaya Sumber Daya Alam dan Budaya, Unika Ingin Papua Dikenal Lebih Luas oleh Masyarakat

Maka dalam Misa Syukur ini Romo Alysius Budi memimpin ibadah dengan menggunakan kasula dengan gambar Kerahiman Ilahi.

Betapa Jantung Gereja tidak bisa dipisahkan dari Jantung Kristus yang ditandai dengan kerahiman, kerendahan hati dan kemurahan hati, oleh sebab itu jika universitas Katolik disebutkan lahir dari Jantung Gereja itu berarti setara juga dengan lahir dari Jantung Kristus sendiri.

Jadi seperti apa yang disampaikan oleh Santo Paus Yohanes Paulus II melalui Ex Corde Ecclesiae mengajak siapa pun yang menjadi bagian dari universitas Katolik dipanggil juga untuk menimba spiritualitas dari Jantung Kristus atau Jantung Gereja yang diekspresikan melalui sikap peduli, menghargai, kemurahan hati, membawa perdamaian, dan memperjuangkan keadilan, sehingga seluruh tugas tanggung jawab yang diemban sesuai dengan Tri Dharma Bakti civitas akademika juga diarahkan dalam spritualitas tersebut.

Romo juga mengajak seluruh civitas akademika untuk mensyukuri  39  tahun keberadaan Unika Soegijapranata menghadirkan semangat dan spirit itu di  dalam setiap pengabdian, penelitian dan pengajaran serta dalam pelayanannya.
Artinya para dosen dan tendik hadir membawa kemurahan dan cinta kasih Kristus dengan segala kerendahan hati di tengah gereja dan bangsa.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Jiwa Pemimpin Bisa Diasah melalui Pelatihan

Selasa, 14 September 2021 | 16:06 WIB

Pemilihan Direktur Polines Diharap Lewat Mufakat

Senin, 13 September 2021 | 14:53 WIB

Awali Kegiatan Perkuliahan, Unpand Gelar PKKMB

Senin, 13 September 2021 | 14:16 WIB
X