Ingin Percaya Diri di Depan Umum, Ini Cara untuk Tingkatkan Kemampuan Public Speaking

- Senin, 26 Juli 2021 | 14:03 WIB
Ilustrasi seseorang yang sedang berbicara di depan umum (Sumber: Envato Elements)
Ilustrasi seseorang yang sedang berbicara di depan umum (Sumber: Envato Elements)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM -- Public speaking atau berbicara di depan umum merupakan salah satu keahlian yang harus dimiliki. Kemampuan berbicara di depan umum ini sangat memengaruhi kualitas diri terutama saat sekolah atau tahap kerja.

Jika kamu menguasai public speaking banyak pekerjaan yang bisa dilakukan seperti presenter, motivator, guru, manajer, dan lainnya.Kemampuan public speaking juga bisa membuat kamu dilihat sebagai profesional karena mampu berbicara di depan umum dengan lancar.

Namun, jika kamu merasa masih belum menguasai kemampuan public speaking seperti sering merasa gugup saat berbicara di hadapan orang banyak. Maka cara berikut bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan public speaking.

1. Bulatkan Tekad dan Niat

Kita membutuhkan tekad yang kuat serta niat yang lurus sebelum belajar sesuatu. Begitu pula dengan saat belajar public speaking kamu harus tahu tujuan dan hasil yang akan dicapai.

AYO BACA : Hati-hati! Inilah 4 Perlakuan Orang Tua yang Dapat Merusak Mental Anak

Misalnya, aku ingin menguasai kemampuan public speaking untuk meningkatkan kualitas diri atau aku belajar public speaking agar bisa berani berbicara di depan umum saat presentasi.

2. Rutin Berlatih

Berlatih secara rutin juga akan mempengaruhi tingkat keberhasilan. Jika kamu memiliki mentor maka kamu harus membuat jadwal rutin. Namun, jika kamu ingin berlatih mandiri maka kamu bisa membuat jadwal pribadi di rumah.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Baru Sesi Pertama Digelar, Tes SKD Alami Kendala

Sabtu, 18 September 2021 | 21:30 WIB

Kelas Industri Horison Hadir di SMK 6 Semarang

Sabtu, 18 September 2021 | 15:03 WIB

Jiwa Pemimpin Bisa Diasah melalui Pelatihan

Selasa, 14 September 2021 | 16:06 WIB

Pemilihan Direktur Polines Diharap Lewat Mufakat

Senin, 13 September 2021 | 14:53 WIB
X