(POKOKMEN PSIS) Basuki Setyabudi, Kiper Ketiga PSIS Semarang yang Loyal dan Pernah Jadi Striker

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 17:13 WIB
Basuki Setyabudi eks-kiper PSIS Semarang yang pernah jadi striker. Saat ini dia sibuk sebagai pegawai PDAM Kota Semarang. (DokBasuki)
Basuki Setyabudi eks-kiper PSIS Semarang yang pernah jadi striker. Saat ini dia sibuk sebagai pegawai PDAM Kota Semarang. (DokBasuki)

SEMARANGSELATAN, AYOSEMARANG.COM – Pada 10 Desember 2008 malam, Stadion Jatidiri basah kuyup. Sepanjang pertandingan antara PSIS Semarang yang menjamu PSM Makassar, hujan deras terus mengguyur.

Pertandingan Indonesia Super League (ISL) antara kedua tim itu layaknya David dan Goliath.

Sebab PSM adalah tim dari Sulawesi yang bertabur bintang seperti Syamsul Khaerudin, Samsidar dan Irsyad Aras, sementara legiun asing mereka berisi nama mentereng seperti Claudio Proneto, Aldo Bareto dan eks bomber PSIS yang selalu dielu-elukan sampai sekarang yakni Julio Lopez.

Sementara PSIS, meski tahun itu bisa ikut penyelenggaraan ISL yang pertama, namun sepanjang musim, perjalannya tertatih-tatih.

Tidak ada pemain bintang seperti dua atau tiga tahun sebelumnya. Finansial morat-marit dan hanya bisa mengandalkan pemain lokal yang kualitasnya belum teruji.

Sisanya dilengkapi dengan beberapa pemain PSIS musim lalu yang masih loyal seperti Idrus Gunawan, Agus Murod, Deni Rumba dan Basuki Setiabudi.

Pemain asing yang paling tenar mungkin ada Gaston Castano yang hanya setengah musim saja dipakai. Selebihnya seperti Basile Onambele dan Edson Leonardo yang angin-anginan.

Namun malam  itu pertandingan berjalan berbeda. Roh “Jago Becek” yang dulu pernah menaungi PSIS barangkali sedang hinggap. Sebab penggawa Mahesa Jenar bermain dengan spartan.

Satu gempuran pada menit ke-43 membuahkan hasil. Berawal dari sontekan Gaston Castano yang ditahan kiper Samsidar yang muntah, Onambele Jules Basile langsung menyambar dengan keras dan membuat PSIS unggul.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

X