Hendi Akan Rintis Pembangkit Listrik 'Micro Hydro'

- Kamis, 14 Februari 2019 | 19:53 WIB
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi saat memberikan paparan dalam kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), di Pendopo Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Semarang, Banyumanik, Kamis (14/2/2019). (Afri Rismoko/Ayosemarang.com).
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi saat memberikan paparan dalam kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), di Pendopo Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Semarang, Banyumanik, Kamis (14/2/2019). (Afri Rismoko/Ayosemarang.com).

BANYUMANIK, AYOSEMARANG.COM--Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi berencana mengembangkan pembangkit listrik tenaga air atau Micro Hydro di daerah Gedawang. Hal itu diungkapkan saat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), di Pendopo Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Semarang, Banyumanik, Kamis (14/2/2019).

Hendi sapaan akrabnya menerangkan, Banyumanik merupakan daerah atas, kalau hujan airnya selalu deras mengalir ke bawah. Maka selain  pembangunan untuk memperkuat saluran dan tanggul harus dikonsentrasikan, walaupun biayanya besar juga harus dimanfaatkan sumber daya air yang melimpah tersebut.

“Contohnya yang jalan sering terendam air kemudian aspalnya sering terkelupas, maka harus dibeton, yang meskipun biayanya besar, tapi harus dilaksanakan, pun bertahap. Di sisi lain, untuk menjawab tantangan manajerial arus air yang kencang untuk dikembangkan sebagai potensi keunggulan wilayah,” ujarnya.

Pihaknya akan melakukan survei lapangan terkait rencana pembangunan pembankit listrik tenaga air, Micro Hydro di area atas. Apalagi Pemkot Semarang ada kerja sama dengan Jepang untuk merintis pembangkit listrik tenaga air.

“Pertama kita akan cek lebih dulu lokasinya, kalau arus airnya bagus, kita akan siapkan infrastruktur menuju ke sana. Untuk rintisannya project ini akan diupayakan agar bisa menerangi 40 sampai 50 rumah,”imbuhnya.

Hydro Energy sendiri merupakan proyek terobosan Pemerintah Kota Semarang dalam merealisasikan gagasan memberikan fasilitas listrik gratis guna mengurangi beban biaya hidup rumah tangga masyarakat di Kota Semarang. Gagasan ini dirancangnya dengan dua konsep, yaitu melalui 'Micro Hydro' yang memanfaatkan tenaga air dan 'Wind Turbine’ yang memanfaatkan tenaga angin sebagai pembangkit listrik.

Proyek tersebut akan diupayakan terealisasi dengan kerja sama antara Pemerintah Kota Semarang dengan Pemerintah Kota Toyama, Jepang.

Editor: Andri Ridwan Fauzi

Tags

Terkini

Puskesmas Sayung ll Ajak Masyarakat Hidup Sehat

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 17:16 WIB

BMKG Catat Adanya Gempa Bumi di Sekitar Salatiga

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 05:34 WIB
X