Warga Bubakan Tolak Pendirian Peternakan Ayam Dekat Pemukiman

- Selasa, 13 Agustus 2019 | 10:54 WIB
Spanduk penolakan pendirian peternakan ayam seluas 4 ha dipasang di akses masuk Dusun Bubakan, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Semarang. (Foto: dok.Paguyuban Dusun Bubakan Sehat)
Spanduk penolakan pendirian peternakan ayam seluas 4 ha dipasang di akses masuk Dusun Bubakan, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Semarang. (Foto: dok.Paguyuban Dusun Bubakan Sehat)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM--Rencana pendirian peternakan ayam di dekat Dusun Bubakam, Desa Mukiran, Kaliwungu, Kabupaten Semarang mendapat penolakan dari warga setempat. Peternakan yang akan dibangun seluas 4 hektare itu lokasinya tidak jauh dari kawasan pemukiman.

Koordinator Paguyuban Dusun Bubakan Sehat, Mawardi mengatakan, penolakan tersebut lebih disebabkan oleh risiko ancaman kesehatan warga jika peternakan tersebut berdiri.

Ia menjelaskan total ada dua peternakan dengan luas masing-masing 4 ha yang akan berdiri di Desa Mukiran.

"Empat hektare masuk di wilayah Dusun Bubakan, 4 ha lainnya di dusun sebelah," katanya, Selasa (13/8/2019).

Ia menjelaskan penolakan tersebut bermula dari ketidakjelasan aturan yang dijadikan dasar pendirian peternakan berskala besar itu.

AYO BACA : Kota Lama Semarang Diminta Contoh Kota Lama Rusia

"Dalam aturan dijelaskan jarak minimal sekitar 1.000 meter. Tetapi dalam tiap sosialisasi disampaikan jarak dari permukiman hanya 250 meter, bahkan kurang dari itu," katanya.

Menurut dia, warga khawatir jarak yang terlalu dekat menyebabkan bau maupun limbah dari peternakan ayam tersebut akan mengganggu kesehatan mereka.

Ia menuturkan investor asal Boyolali yang akan mendirikan peternakan itu menjanjikan metode peternakan modern yang dinilai akan lebih peduli lingkungan.

Halaman:

Editor: Abdul Arif

Tags

Terkini

Waspada! Wonogiri Berpotensi Terjadi Tsunami 33,5 Meter

Minggu, 19 September 2021 | 12:05 WIB

Puskesmas Dempet Komitmen Tangani Stunting di Demak

Sabtu, 18 September 2021 | 12:18 WIB

Promosikan Kopi, Pemkab Temanggung Siapkan Ngopi Jumat

Jumat, 17 September 2021 | 21:32 WIB

Sragen Kirim 2 Atlet untuk Berlaga di PON XX Papua

Jumat, 17 September 2021 | 15:15 WIB
X