Kebakaran Hanguskan 225 Hektare Lahan Hutan Gunung Merbabu

- Jumat, 13 September 2019 | 20:00 WIB
Kebakaran hutan di wilayah Taman Nasional Gunung Merbabu di Kabupaten Magelang berhasil dipadamkan. (BPBD Kabupaten Magelang)
Kebakaran hutan di wilayah Taman Nasional Gunung Merbabu di Kabupaten Magelang berhasil dipadamkan. (BPBD Kabupaten Magelang)

MAGELANG, AYOSEMARANG.COM-- Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Edy Susanto mengungkapkan, kebakaran hutan Gunung Merbabu terus meluas dan menghanguskan sekitar 225 hektare lahan.

Edy mengatakan hutan yang terbakar sejak Rabu (11/9/2019) malam tersebut lokasi kejadian menyebar di wilayah Resor Pakis, Resor Wonolelo, Resor Selo, Resor Ampel Balai Taman Nasional Gunung Merbabu.

Prediksi luas kebakaran sekitar 225 hektare, namun sampai dengan saat ini terus bertambah dan belum bisa diprediksi luasnya, katanya, di Magelang, Jumat (13/9/2019).

Ia menuturkan pada Jumat siang terpantau 7 titik api besar dengan posisi menyebar. Api mulai menjalar ke semua sisi gunung karena tiupan angin kencang.

Menurut dia, pemadaman dilakukan secara manual dan dengan pembuatan sekat bakar. Potensi gangguan akibat kebakaran hutan tersebut terganggunya distribusi air dari sumber mata air ke masyarakat.

AYO BACA : 11 Provinsi Diminta Tetapkan Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan

Ia menyebutkan distribusi air yang terganggu akibat terbakarnya pipa air, antara lain dari Tuk Teyeng Desa Gondangsari Pakis, Tuk Klanting, Desa Tajuk Kopeng, Tuk Sipendok Desa Ngagrong dan Candisari.

Ia menyampaikan pada pukul 13.00 WIB kebakaran di jalur pendakian Swanting (blok Sobleman), jalur pendakian Wekas (blok Kedakan) dan Balong sudah dapat dipadamkan.

Namun, katanya, jalur pendakian Selo terbakar di Sabana 2 terpantau pada pukul 16.00 WIB merambat ke arah timur menuju atas Ampel di Dusun Ngangrong.

Halaman:

Editor: Abdul Arif

Tags

Terkini

Bea Cukai Solo Musnahkan Jutaan Batang Rokok Ilegal

Selasa, 30 November 2021 | 15:14 WIB
X