Yogyakarta Butuh Dua Titik Pos Tambahan Penanganan Kebakaran

- Minggu, 13 Oktober 2019 | 17:08 WIB
Pemadam kebakaran. (ANTARA)
Pemadam kebakaran. (ANTARA)

YOGYAKARTA, AYOSEMARANG.COM-- Untuk mengoptimalkan penanganan kebakaran, Kota Yogyakarta membutuhkan tambahan dua titik pos pemadam kebakaran. Hal itu mengingat luas wilayah Yogyakarta 32,5 kilometer persegi dengan tingkat kepadatan mencapai lebih dari satu juta jiwa.

“Berdasarkan kajian dalam rencana induk sistem proteksi kebakaran (RISPK), jumlah ideal pos pemadam kebakaran di Yogyakarta mencapai empat titik. Sekarang baru ada di dua titik,” kata Kepala Bidang Pencegahan Dinas Kebakaran Isharyanto di Yogyakarta, Minggu (13/10/2019).

Dua titik pos pemadam kebakaran yang saat ini ada di Kota Yogyakarta masing-masing berada di kompleks Balai Kota Yogyakarta yang menjadi posko induk dan posko tambahan di Jalan Kyai Mojo.

Sedangkan tambahan dua titik pos pemadam kebakaran yang perlu direalisasikan berada di pusat Kota Yogyakarta yaitu di sekitar kawasan Keraton Yogyakarta atau di Alun-Alun Utara Yogyakarta dan satu titik di bagian timur-selatan yaitu di sekitar Terminal Giwangan.

AYO BACA : Kolaborasi dengan The Panturas, Galaxy Market Sukses Curi Perhatian

Isharyanto mengatakan, upaya untuk mewujudkan tambahan pos di sekitar Alun-Alun Utara Yogyakarta sudah berproses namun hingga saat ini belum ada kepastian mengenai penggunaan lokasi oleh pihak Keraton Yogyakarta.

“Untuk di Alun-Alun Utara Yogyakarta, kami menggunakan aset milik Keraton Yogyakarta. Sudah ada permohonan tetapi sepertinya belum ada jawaban,” katanya.

Sedangkan untuk realisasi pos di sekitar Terminal Giwangan, Isharyanto mengatakan, juga membutuhkan koordinasi dan kebijakan dari kepala daerah karena lokasi yang akan digunakan sudah difungsikan sebagai terminal.

Selain di kedua lokasi tambahan tersebut, Isharyanto mengatakan, lokasi yang juga dinilai ideal untuk dibangun pos pemadam kebakaran berada di Yogyakarta bagian barat-selatan atau di sekitar Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta.

Halaman:

Editor: Abdul Arif

Tags

Terkini

Waspada! Wonogiri Berpotensi Terjadi Tsunami 33,5 Meter

Minggu, 19 September 2021 | 12:05 WIB

Puskesmas Dempet Komitmen Tangani Stunting di Demak

Sabtu, 18 September 2021 | 12:18 WIB

Promosikan Kopi, Pemkab Temanggung Siapkan Ngopi Jumat

Jumat, 17 September 2021 | 21:32 WIB

Sragen Kirim 2 Atlet untuk Berlaga di PON XX Papua

Jumat, 17 September 2021 | 15:15 WIB
X