Umi Azizah: Hasil Riset PT Jangan Sekadar Terbit di Jurnal

- Kamis, 17 Oktober 2019 | 14:45 WIB
Bupati Tegal Tegal, Umi Azizah membuka Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, di Pendapa Amangkurat Setda Kabupaten Tegal, Kamis (17/10/2019).
Bupati Tegal Tegal, Umi Azizah membuka Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, di Pendapa Amangkurat Setda Kabupaten Tegal, Kamis (17/10/2019).

TEGAL, AYOSEMARANG.COM-- Hasil riset dari perguruan tinggi (PT) serta lembaga penelitian diharapkan berkelanjutan hingga dapat dikomersialkan. Dengan demikian dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Hal itu disampaikan Bupati Tegal, Umi Azizah saat membuka Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, di Pendapa Amangkurat Setda Kabupaten Tegal, Kamis (17/10/2019).

AYO BACA : Hartopo Optimistis Kudus Jadi Tuan Rumah Porprov Jateng 2022

"Saya berharap seminar ini dapat mendorong hasil riset perguruan tinggi serta lembaga penelitian tidak berhenti hanya sampai pada tahap pengembangan purwarupa. Namun, harus berkelanjutan sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat," tegas Umi Azizah.

Dikatakan, perguruan tinggi memiliki kesempatan besar untuk melakukan inovasi.

AYO BACA : Pemkab Tegal Kaji Penanganan Limbah B3 di Pesarean dan Karangdawa

"Namun, tujuan akhir dari inovasi adalah produk-produk atau layanan yang dapat dikomersialisasikan, bukan sekedar berakhir dalam publikasi di jurnal ilmiah semata," ujarnya.

Demikian halnya, lanjut Umi, dengan budaya ilmiah yang juga perlu ditumbuhkan di masyarakat, mulai dari budaya membaca hingga riset. 

"Mentalitas inovasi dan technopreneur juga penting ditumbuhkan di kalangan generasi muda. Karena kemajuan sebuah bangsa juga ditentukan oleh jumlah entrepreneur dan wirausahawannya sehingga upaya mencetak intelektualitas muda yang memiliki jiwa technopreneur menjadi tantangan bersama untuk terus berbenah, beradaptasi di era Internet of Things (IoT) ini," katanya. 

Halaman:

Editor: Abdul Arif

Tags

Terkini

Waspada! Wonogiri Berpotensi Terjadi Tsunami 33,5 Meter

Minggu, 19 September 2021 | 12:05 WIB

Puskesmas Dempet Komitmen Tangani Stunting di Demak

Sabtu, 18 September 2021 | 12:18 WIB

Promosikan Kopi, Pemkab Temanggung Siapkan Ngopi Jumat

Jumat, 17 September 2021 | 21:32 WIB

Sragen Kirim 2 Atlet untuk Berlaga di PON XX Papua

Jumat, 17 September 2021 | 15:15 WIB
X