Terganjal DIPA, DPRD Kulon Progo Ubah Nomenklatur Anggaran

- Rabu, 23 Oktober 2019 | 19:32 WIB
Ketua DPRD Kulon Progo Akhid Nuryanti. (ANTARA)
Ketua DPRD Kulon Progo Akhid Nuryanti. (ANTARA)

KULON PROGO, AYOSEMARANG.COM-- Ketua DPRD Kulon Progo Akhid Nuryati mengatakan masa orientasi anggota dewan baru terganjal daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) yang ada di Sekretariat DPRD Kulon Progo. Di dalam DIPA berbunyi kontribusi, sedangkan orientasi tidak memberikan kontribusi.

"Orientasi difasilitasi oleh Balai Pemberdayaan Sumber Daya Manusia ( BPSDM) Kementerian Dalam Negeri. hanya sebagai fasilitator sehingga perlu ada perubahan nomenklatur anggaran. Hal ini harus menggunakan peraturan bupati," kata Akhid di Kulon Progo, Rabu (23/10/2019).

Orientasi anggota DPRD Kulon Progo periode 2019-2024 akan dilaksanakan di BPSDM Kemendagri pada Kamis (24/10) hingga Minggu (27/10).

Ia mengakui saat pembahasan nomenklatur agak alot untuk perubahan DIPA. Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kulon Progo berpendapat bahwa harus ada surat dari BPSDM Kemendagri. 

AYO BACA : Warga Pakis Magelang Mengungsi Terdampak Angin Kencang

"Tapi mana mungkin BPSDM Kemendagri menyurati DPRD Kulon Progo. Mereka di pusat (Jakarta). Mereka menyelenggarakan orientasi ini atas permintaan pimpinan dewan karena BPSDM DIY tidak bisa," katanya.

Akhid mengatakan orientasi anggota dewan baru tingkat kabupaten seharusnua diselenggarakan provinsi, yakni BPSDM DIY. Tapi beberapa waktu lalu, saat DPRD di kabupaten/kota mengajukan permohonan orientasi, BPSDM DIY tidak mampu menyelenggarakan dengan dua alasan. Alasan pertama kekurangan sumber daya manusia (SDM) karena harus menyelenggarakan diklat bagi 5.000 CPNS baru. Kemudian, dari sisi aturan, mereka belum ada aturan kontribusi orientasi anggota DPRD di Pergub DIY, sehingga mereka tidak mampu.

"Setelah mereka tidak mampu menyelenggarakan orientasi anggota DPRD, dirinya saat menjadi pimpinan sementara DPRD Kulon Progo ke BPSDM Kemendagri memohon agar mau menyelenggarakan orientasi DPRD Kulon Progo periode 2019-2024. Mereka mensyarakatkan mengubah (DIPA)," katanya.

Akhid juga mengakui alat kelengkapan dewan, komisi, pansus sudah melalukan perjalanan dinas.

Halaman:

Editor: Abdul Arif

Tags

Terkini

DLH Batang: World Cleanup Day Momen Aktifkan Bank Sampah

Jumat, 24 September 2021 | 17:28 WIB

Peran Serta Masyarakat Dibutuhkan Untuk Pengawasan TKA

Jumat, 24 September 2021 | 17:02 WIB

Pencanangan Kampung Tangguh Narkoba di Jogonalan Klaten

Kamis, 23 September 2021 | 16:02 WIB

Masih Banyak Warga Batang hanya Vaksinasi Dosis Pertama

Kamis, 23 September 2021 | 13:16 WIB
X