Hamil di Luar Nikah Meningkat, Umi Azizah Deklarasikan Pencegahan Perkawinan Anak

- Kamis, 28 November 2019 | 15:13 WIB
Bupati Tegal Umi Azizah membuka acara Pencanangan Kesatuan Gerak PKK- KKBPK Kesehatan dan Deklarasi Pencegahan Perkawinan Anak Tingkat Kabupaten Tegal Tahun 2019, di Pasar Slumpring Desa Cempaka Kecamatan Bumijawa
Bupati Tegal Umi Azizah membuka acara Pencanangan Kesatuan Gerak PKK- KKBPK Kesehatan dan Deklarasi Pencegahan Perkawinan Anak Tingkat Kabupaten Tegal Tahun 2019, di Pasar Slumpring Desa Cempaka Kecamatan Bumijawa

BUMIJAWA, AYOSEMARANG.COM - Bupati Tegal Umi Azizah  mengajak para ibu dan keluarga untuk berperan aktif memantau putra putrinya sekaligus menjadi sahabat yang baik.

Ibu-ibu harus bisa lebih peka pada perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, terlebih era sekarang adalah era media sosial. Seorang ibu harus bisa menjadi tokoh panutan, contoh perilaku baik bagi anak-anaknya, kata Bupati Umi saat membuka acara Pencanangan Kesatuan Gerak PKK- KKBPK Kesehatan dan Deklarasi Pencegahan Perkawinan Anak Tingkat Kabupaten Tegal Tahun 2019, di Pasar Slumpring Desa Cempaka Kecamatan Bumijawa, Rabu (27/11/2019).

Menurut Bupati, setidaknya dari Januari - September terdapat 63 pasangan remaja yang mengajukan dispensasi nikah ke Pengadilan Agama (PA) Slawi.

AYO BACA : Bawang Putih Tuwel Masuk Program 100 Hari Mentan, Ini Kata Bupati

Faktor hamil di luar nikah akibat pergaulan bebas menjadi alasan utama mereka menikah di bawah umur, ujarnya.

Disampaikan, kasus kehamilan remaja yang tidak dikehendaki ini terus meningkat.

Dari 132 kasus di tahun 2016 bertambah menjadi 187 kasus di tahun 2017. Karena itu, Umi sangat mendukung acara ini, mengingat perkawinan anak menjadi hal yang kontradiktif dengan cita-cita dalam mewujudkan generasi unggul, generasi emas 2045.

AYO BACA : Jumadi Ajak Generasi Muda Rawat Kebhinekaan Indonesia

Mencegah terjadinya perkawinan anak menjadi tanggung jawab bersama dalam menjamin hak anak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembangnya, katanya.

Halaman:

Editor: Abdul Arif

Tags

Terkini

Dinsos Batang Pecat Dua Pendamping PKH, Ini Alasannya

Senin, 20 September 2021 | 16:56 WIB

Kementerian ATR-BPN Targetkan 2025 Seluruh Tanah Terdata

Senin, 20 September 2021 | 15:44 WIB

Percepatan Vaksinasi, Pemkab Sukoharjo Siap Kejar Target

Senin, 20 September 2021 | 14:54 WIB
X