Awas Tertipu, Ada WhatsApp Palsu Bupati Karanganyar Minta Kiriman Uang

- Jumat, 11 September 2020 | 12:46 WIB
Bupati Karanganyar Juliyatmono. (Suara.com/Ari Purnomo)
Bupati Karanganyar Juliyatmono. (Suara.com/Ari Purnomo)

KARANGANYAR, AYOSEMARANG.COM -- Aksi pembajakan akun Whatsapp Bupati Karanganyar, Juliyatmono, ternyata masih berlanjut. 

Dikabarkan sang hacker saat ini menggunakan akun WA lain, namun menggunakan foto Bupati Juliyatmono. 

Kapolres Karanganyar, AKBP Leganek Mawardi, mengaku menerima pesan Whatsapp dari nomor tertentu, dengan akun menggunakan foto Bupati Karanganyar, Juliyatmono. Pelaku meminta sejumlah uang agar dikirimkan ke nomor rekening tertentu.

AYO BACA : Bupati Karanganyar Warga Bebas Beraktivitas dengan Protokol Kesehatan

“Saya dapat WA dari nomor lain tetapi menggunakan picture profile-nya Pak Yuli (sapaan akrab Bupati Karanganyar Juliyatmono). Itu modus baru yang dilakukan pelaku,” kata AKBP Legenek, seperti dikutip dari Suara.com, Jumat (11/9/2020). 

Dia meminta masyarakat untuk waspada terhadap sejumlah modus yang dilancarkan pelaku dengan mengatasnamakan Bupati Karanganyar, Juliyatmono, maupun pihak lain. 

“Ada yang meminta transfer dengan mengatakan bahwa anak calon korban itu ditangkap polisi. Ada juga yang anak calon korban terjerat narkoba, kecelakaan, dan lain-lain. Modus seperti itu banyak digunakan. Ada juga modus jualan online. Kali ini modusnya pejabat,” ujar dia.

AYO BACA : Rusak Parah, Komisi D DPRD Batang Sidak Galian C di 2 Desa

Kapolres mengingatkan masyarakat agar tidak gampang tergiur tawaran, ajakan, bujuk rayu dari pihak-pihak tertentu melalui akun media sosial. Dia berharap masyarakat bijak dan dewasa menyikapi segala macam penawaran melalui media sosial.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Promosikan Kopi, Pemkab Temanggung Siapkan Ngopi Jumat

Jumat, 17 September 2021 | 21:32 WIB

Sragen Kirim 2 Atlet untuk Berlaga di PON XX Papua

Jumat, 17 September 2021 | 15:15 WIB
X