Klaster Pondok Pesantren, 127 Santri di Banyumas Positif Covid-19

- Kamis, 24 September 2020 | 20:24 WIB
Ilustrasi Santri (Shutterstock)
Ilustrasi Santri (Shutterstock)

BANYUMAS, AYOSEMARANG.COM -- Sebanyak 127 santri di Kabupaten Banyumas dinyatakan positif Covid-19. Kasus tersebut berdasarkan hasil swab massal dari klaster Pondok Pesantren (Ponpes) di Kelurahan Purwanegara, Kecamatan Purwokerto Utara.

Temuan itu berawal dari seorang santri dinyatakan positif Covid-19. Informasi tersebut beredar melalui pesan berantai jaringan grup Whatsapp. Ketika dikonfirmasi, Bupati Banyumas, Achmad Husein tak mengelak. Melalui pesan video dia mengumumkan kasus tambahan jumlah santri yang positif Covid-19.

Khusus untuk pondok pesantren Al Hidayah, kami informasikan dari total jumlah santri yang lebih dari 500, kira-kira sekitar 590 orang. Yang telah di swab itu 292. Hasil yang sudah keluar 203 orang. Lalu yang dinyatakan positif 126 orang, kata Husein, Kamis (24/9/2020) sore.

AYO BACA : Balai Karantina Pertanian Dorong Petani Milenial Semarang Tingkatkan Kualitas Hasil

Dari total 126, santri yang berasal dari Kabupaten Banyumas sebanyak 44 Santri. Dan dari luar Kabupaten Banyumas ada 82 santri. Santri yang dinyatakan positif saat ini telah menjalani isolasi khusus.

Sehingga ini terisolasi betul. Tidak tercampur yang ada di pondok. Kemudian yang negatif kami sarankan untuk bisa pulang ke daerah asal. Sedangkan yang belum di swab kami selesaikan hari ini, jelasnya.

Tindak lanjut dari munculnya Klaster Pondok Pesantren, Bupati Banyumas melakukan koordinasi dengan pada tokoh agama islam pada hari ini.

AYO BACA : Kecolongan Acara Dangdut, Ganjar Tegur Wali Kota dan Kasatpol PP Tegal

Mereka meminta saya untuk membuat surat kepada pondok pesantren di Kabupaten Banyumas, supaya bisa belajar dari kasus yang terjadi ini. Serta bisa berbenah dan melindungi diri sehingga tidak terjadi kasus yang sama, ujarnya.

Halaman:

Editor: Abdul Arif

Tags

Terkini

WADUH, Angka Perceraian di Batang Capai 4.119 Kasus

Selasa, 28 September 2021 | 17:45 WIB
X