11 Tips Sukses Isolasi Mandiri Tanpa Timbulkan Klaster Keluarga

- Rabu, 21 Oktober 2020 | 12:15 WIB
Kepala Dinas Kesehatan dr Sri Primawati Indraswari (Ayotegal.com/Lilisnawati)
Kepala Dinas Kesehatan dr Sri Primawati Indraswari (Ayotegal.com/Lilisnawati)

TEGAL, AOSEMARANG.COM -- Pandemi Covid-19 di Indonesia memang belum berakhir. Angka pasien positif juga terus meningkat tiap harinya.

Ada yang positif dengan memiliki gejala, ada pula yang terkonfirmasi positif namun tanpa memiliki gejala atau orang tanpa gejala (OTG).

Bagi pasien positif yang memiliki gejala memang sudah seharusnya menjalani perawatan di rumah sakit rujukan Covid-19. Namun bagi OTG bisa dengan menjalani isolasi mandiri di rumah.

Meski demikian, pasien positif yang menjalani isolasi mandiri di rumah wajib memperhatikan beberapa hal agar tidak menimbulkan klaster baru atau klaster keluarga.

Dinas Kesehatan Kota Tegal memberikan beberapa tips bagi warga yang saat ini tengah menjalani isolasi mandiri. Sebab, baru-baru ini muncul beberapa klaster keluarga di Kota Tegal.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, dr Sri Primawati Indraswari mengatakan, isolasi mandiri di rumah bisa dilakukan oleh seorang yang dinyatakan positif tanpa gejala atau yang bergejala ringan dan tanpa kondisi penyerta seperti penyakit paru, jantung, dan lainnya.

AYO BACA : Pemuda Tegal Selatan Kampanye Edukasi 3M Sekaligus Bagi Masker

Isolasi mandiri juga dapat dilakukan pada orang yang pernah kontak erat dengan pasien positif dan orang tanpa gejala (OTG).

Sementara beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menjalani isolasi mandiri di rumah tanpa menularkan kepada yang lainnya. Di antaranya yakni;

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Gelapkan Dana PKH, Perangkat Desa Wonobodro Bunuh Diri

Kamis, 16 September 2021 | 10:51 WIB
X