Pasar Sentiling di Tengah Pandemi, 'Mesin Waktu' Bangkitkan Gairah UMKM

- Jumat, 23 Oktober 2020 | 18:52 WIB
Suasana kemeriahan Pasar Sentiling 2018 yang menyajikan beragam kuliner legendaris, lokal dan intenasional.  (dok)
Suasana kemeriahan Pasar Sentiling 2018 yang menyajikan beragam kuliner legendaris, lokal dan intenasional. (dok)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM -- Oen Semarang Foundation (OSF) kembali menyelenggarakan acara Pasar Sentiling yang menjadi bagian dari pagelaran kemeriahan Festival Kota Lama Semarang. 

Acara ini diharapkan bisa membangkitkan dan mempercepat perputaran roda perekonomian Semarang, khususnya para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanpa melupakan kesehatan dan keselamatan.

Pasar Sentiling tahun ke-9 kali dilaksanakan secara istimewa lantaran berada di tengah pandemi. Oleh sebab itu, panitia kegiatan menerapkan protokol kesehatan ketat sebagai syarat mutlak menyelenggarakan acara. Protokol kesehatan ini berlaku tanpa kecuali baik bagi penyelenggara, peserta festival, hingga pengunjung.

Project manager Festival Kota Lama 2020, Yogi Fajri mengatakan, Sentiling kali ini diharapkan mampu menjadi pemantik bangkitnya perekonomian masyarakat Semarang yang dihantam pandemi virus Korona. 

Sebanyak 31 stan UMKM akan berdiri dalam acara, serta menawarkan berbagai kuliner menarik bagi pengunjung. Sajian autentik seperti Pisang Plenet Mbah Toerdi yang terkenal sejak 1954 ikut hadir di dalamnya, serta berbagai kuliner legendaris lainnya.

AYO BACA : Pasar Sentiling Festival Kota Lama Digelar, Cek Tanggalnya

Hampir sama dengan tahun sebelumnya, lanjut Yogi, tema yang diusung yakni Kuno, Kini, dan Nanti. Hidangan tradisional nusantara hingga internasional akan disajikan dalam festival ini yang menjadi ciri khas dari masa ke masa.

Yogi menegaskan, penerapan protokol kesehatan adalah kunci diselenggaraannya acara ini. Seluruh elemen yang terlibat akan meminimalisir kerumunan, menggunakan thermal scan untuk mengecek suhu tubuh, hingga reservasi online dan transaksi pembayaran digital. 

Pencegahan tingginya jumlah kerumunan, kata Yogi, nantinya akan dilakukan dengan membagi titik lokasi serta jadwal kloter acara. Sebelumnya, Pasar Sentiling biasanya digelar di sepanjang jalan area Kota Lama. 

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Puskesmas Gajah ll Demak Vaksinasi Door to Door

Rabu, 20 Oktober 2021 | 16:12 WIB

MTs NU Banat Kudus Miliki 6 Tim Riset

Selasa, 19 Oktober 2021 | 17:16 WIB
X