Di Jawa Tengah Masih Ada Warga Miskin Tinggal di Hutan Tanpa Sanitasi yang Memadai

- Minggu, 17 Januari 2021 | 12:04 WIB
Potret kemiskinan di Sragen Jawa Tengah, warga tinggal di tengah hutan dengan segala bentuk akses yang minim/ instagram Polres Jenar
Potret kemiskinan di Sragen Jawa Tengah, warga tinggal di tengah hutan dengan segala bentuk akses yang minim/ instagram Polres Jenar

SRAGEN, AYOSEMARANG.COM - Seorang ibu dan anak bernama Kadiman (35) dan Ny Dasir (75) menjadi salah satu potret miskin yang memerlukan perhatian pemerintah. Keduanya tinggal hutan milik PT Perhutani, di RT 02, Desa Jenar, kecamatan Jenar, Kabupaten Sragen Jawa Tengah. 

Untuk menuju rumahnya pun harus menelusuri tengah-tengah tanaman kebun jati dan jagung milik warga dengan berjalan kaki sejauh 200 meter dari jalan desa. Akses tersebut sama sekali tak bisa dilalui kendaraan apa pun.

Tak ada listrik, tak ada sanitasi yang baik, dan hanya ada satu ruangan di rumah tersebut. Pada malam hari, warga miskin tersebut hanya menggunakan lampu teplok atau lampu dari minyak tanah untuk memberi penerangan.

-

AYO BACA : PPKM Jawa-Bali, Pengunjung Pantai Pulau Kodok Tegal Dibatasi 450 Pengunjung

(Akses menuju rumah Kadiman dan ibunya yang tak bisa diakses degnan kendaraan apa pun karena melewati tanaman jagung milik warga/ instagram: Polsek Jenar)

Kadiman nyaris tak bangun dari tempat tidurnya yang terbuat dari dipan kayu tak berkasur yang hanya dialasi tikar saja. Berselimut jarik, ia terbaring lemas lantaran mengalami hidrocefalus atau pembengkakan kepala yang sudah menahun.

Prihatin, kata yang bisa menggambarkan Kadiman. Sementara ibunya, Dasir, sudah tak bisa lagi diajak berkomunikasi lantaran mengalami depresi hingga menyebabkan kelainan mental. Kondisi itulah yang membuat Dasir melepaskan aliran listrik di rumahnya.

Sekira setahun lalu, rumah dua warga miskin tersebut sempat dialiri listrik untuk penerang saat malam hari.

Halaman:

Editor: Fitria Rahmawati

Tags

Terkini

Puskesmas Dempet Komitmen Tangani Stunting di Demak

Sabtu, 18 September 2021 | 12:18 WIB

Promosikan Kopi, Pemkab Temanggung Siapkan Ngopi Jumat

Jumat, 17 September 2021 | 21:32 WIB

Sragen Kirim 2 Atlet untuk Berlaga di PON XX Papua

Jumat, 17 September 2021 | 15:15 WIB
X